Tokyo Camii atau Masjid Tokyo

Tokyo Camii atau Masjid Tokyo ialah salah satunya masjid paling tua yang dibuat di 1930 an oleh migran muslim yang hadir ke Jepang. Saat itu ialah waktu dimana Jepang kehadiran migran muslim dalam jumlahnya besar serta masjid pertama mulai dibangun.

Tidak hanya Masjid Tokyo, Jepang ikut mempunyai dua masjid tua yang lain, yaitu Masjid Nagoya serta Masjid Kobe. Masjid Nagoya ialah masjid pertama yang dibuat oleh komune muslim di Jepang pada 1931. Sesaat Masjid Kobe dibangun pada 1935 oleh migran muslim asal India. Masjid Tokyo dibuat oleh migran muslim Tatar yang melarikan diri waktu berlangsung revolusi komunis di Rusia pada 1930an. Mereka ialah grup migran muslim paling besar di Jepang serta bangun Masjid Tokyo pada 1938.

Tokyo Camii atau Masjid Tokyo

Masjid terbesar di Tokyo

Waktu perbaikan pada 2000 tuntas, semua dana dijamin pemerintah Turki. Bukan sekedar menjadi pusat keagamaan, Masjid Tokyo ikut digunakan menjadi tempat mengadakan pernikahan, peragaan baju, pertunjukkan, pameran serta pertemuan. Remaja masjid ikut aktif di Masjid Tokyo. Yuai International School mengadakan kelas-kelas seperti membaca Alquran, kenal Islam, karate serta kaligrafi. Sekolah itu digerakkan oleh Islamic Center of Japan (IJC), satu instansi muslim yang dibangun pada 1966.

Jumlahnya muslim di Jepang belumlah didapati dengan tentu. Akan tetapi berdasarkan catatan tidak sah, ada 70 ribu sampai 120 ribu muslim tinggal di Jepang serta 10 % salah satunya ialah orang Jepang asli. Komite Hak Asasi Manusia untuk PBB mencatat Jepang lakukan pengawasan dengan sistematis pada masyarakat muslim serta masjid-masjid. Pengenalan pada Islam diawali pada awal periode Meiji (1868-1890), waktu misi perdagangan serta transisi info dikerjakan dengan Kekaisaran Ottoman serta Timur Tengah. Muslim masuk ke Jepang untuk kali pertamanya waktu pedagang serta pelaut muslim India serta Melayu bertumpu di kota-kota pelabuhan Jepang seperti Yokohama serta Kobe. Uniknya, Masjid Tokyo tidak memercayakan pertolongan dana pemerintah Jepang dalam pengoperasian serta pemeliharaannya.

Menjadi seseorang muslim, berkeliling-keliling di Jepang pasti berlainan dengan Indonesia. Waktu di Indonesia, mungkin tidak susah temukan masjid sebab memang sebagian besar masyarakatnya ialah Muslim. Sedang di Jepang, muslim jadi minoritas hingga susah temukan masjid disana.

Nyatanya, walau adalah lingkungan minoritas muslim, ada satu masjid elegan yang berdiri kuat di di Oyama-cho, Shibuya-ku, Tokyo. Masjid itu bernama Camii Mosque, masjid paling besar yang berada di Tokyo, Jepang.Janganlah pikirkan besarnya masjid ini sama juga dengan masjid besar yang berada di Indonesia. Kenyataannya Masjid Camii memiliki ukuran kecil yang tertekan diantara bangunan padat di Tokyo. Letaknya berdekatan bahkan juga hampir berdempetan dengan bangunan kanan-kirinya. Bangunan ini didominasi dengan susunan ubin marmer.

Copyright © 2018 Anugerah Kubah Indonesia
Hubungi Kami
WA
Pesan Segera
Telp