Sejarah Masjid Sunshine Victoria Australia

Masjid Sunshine Australia

Sunshine yang bermakna “Kilauan Mentari” adalah satu nama daerah di Victoria, Australia. Nama itu lalu pun diadopsi jadi nama satu masjid didaerah itu yang dibuat oleh kaum muslim dari etnis Siprus Turki yang tinggal di Australia.

Nama Sah masjid ini ialah “Cyprus Turkish Islamic Community of Victoria” akan tetapi jadi lebih populer dengan panggilan yang lain yakni “Sunshine Mosque” atau “Masjid Kemilau Mentari”. Cyprus Turkish atau Turkish Cypriot ialah satu panggilan yang disematkan pada orang Ciprus / Siprus dari etnis Turki.

Muslim Ciprus dari keturunan Turki berikut yang lalu berimigrasi ke Australia serta tinggal sampai sekarang ini dari sana. walau tinggal di negara yang sebagian besar non-muslim, akan tetapi mereka tidak kehilangan jati diri mereka menjadi seseorang muslim. Bahkan juga bangunan masjid dengan style kental asli turki ini pula mempresentasikan kerja hasil keras mereka di dalam menjaga agama serta apa yang diyakininya di negara non-muslim.

Masjid Sunshine Australia

Sekilas Sejarah Masjid Sunshine Australia

Pada seputar tahun 1956 komunitas Ciprus Turki di Australia beli satu gedung yang terdapat di 588 Rathdowne Street, Carlton , lalu membuat satu organisasi Asosiasi Turki Ciprus. Gedung itu lalu digunakan menjadi aula serbaguna untuk beberapa jenis pekerjaan sosial serta keislaman seperti sholat berjamaah. Gedung itu lalu jadi pusat pekerjaan kaum muslim dari sana, sebab memang cuma gedung itu yang dipunyai oleh kaum muslim Ciprus saat itu.

Karena ketekunan serta usaha keras dari komunitas muslim itu, pada akhirnya kaum muslim direlokasi ke Ballarat Road, Sunshine pada tahun 1985, serta memperoleh izin untuk bangun satu masjid dikawasan itu.

Sunshine Mosque atau Masjid Kemilau Mentari ini jadi masjid paling besar di Negara sisi Victoria, Australia. Akan tetapi, tidak gampang buat umat muslim Ciprus untuk memperoleh status masjid sah buat masjid Sunshine ini.

Pada tahun 1985, Komune Muslim Ciprus Turki temukan satu tempat kosong yang ada di Lokasi Industri Mudah di daerah Ballarat Road, Sunshine (saat relokasi ke daerah itu terjadi).

Perjuangan keras dikerjakan oleh 3 anggota komune yakni, Hassan Dellal, Salih Huseyin, serta Huseyin Denis, yang ikhlas menggadaikan rumah mereka sendiri ke Bank untuk jadikan agunan utang pembelian tempat masjid itu sejumlah $191 ribu. Pengorbanan ini betul-betul pantas dapat acungan jempol, sebab belumlah pasti orang yang lain bisa mengerjakannya.

Interior Masjid Sunshine Australia

Hassan Dellal lalu ditunjuk menjadi pemimpin pembangunan project masjid itu. Hassan Dellal bahkan juga berikrar untuk mengabdi pada komune muslim, serta melaksanakan ibadah lillahita’ala tiada pikirkan imbalan apa pun di dalam proses pembangunan masjidnya. Pada akhirnya pembangunan diawali serta habiskan dana seputar $130 ribu. Untungnya, cost itu bisa didesak sebab pihak kontraktor pembangunan masjid bekerja bersama dengan kaum muslim ditempat yang dengan suka-rela menolong pembangunan masjid itu sampai tuntas.

Sesudah bisa melunasi utang Hassan Dellal serta teman-temannya di Bank yang datang dari dana Donasi, jadi tempat itu diserahkan dengan sah ke Penduduk Islam Ciprus Turki pada tahun 1990. Penyerahan itu sekaligus juga pemberian status menjadi tubuh hukum serta disadari dengan sah menjadi bangunan tempat peribadatan kaum muslim.

Pembangunan Masjid Sunshine mulai dikerjakan pada tahun 1992, lalu didesain oleh dua arsitek Turki Turkan serta Yilmaz Gursoy. Lalu, mereka mendesain masjid ini demikian rupa untuk tunjukkan bagian keemasan dari Emperium Usmani yang sempat kuasai lebih dari sepertiga dari semua penjuru dunia ini. Masjid ini memang didesain mengikuti Masjid Biru di Istanbul, akan tetapi dengan ukuran yang lebih kecil.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image