Produsen Kubah Masjid Tapin

Produsen Kubah Masjid Tapin

Sejarah Kubah Masjid

Produsen Kubah Masjid Tapin – Kubah masjid yaitu satu diantara unsur arsitektur yang banyak dipakai sebuah masjid atau mushola. Umumnya kubah ditempatkan pada tempat paling tinggi pada bangunan masjid sebagai atap. Kubah ditempatkan diatas rangka bangunan petak dengan menggunakan singgah kubah.

Banyak masjid di dunia sekarang ini menggunakan kubah, termasuk juga di Indonesia. Bahan kubah yang paling baik untuk masjid adalah berbahan enamel atau galvalum. Bentuk kubah mushola dan masjid ada beberapa seperti kubah separuh bola atau kubah masjid seperti kerucut yang permukaannya melengkung keluar. Ada juga kubah bentuk ‘kubah piring’ (karena puncak yang rendah dan dasar yang besar) dan ‘kubah bawang’ (karena hampir menyerupai bentuk bawang).

Mengenal Bahan Kubah

Saat ini ada beberapa bahan kubah masjid diantarnya, enamel, galvalum, GRC, beton dan kubah ACP. Tetapi dari beberapa bahan tersebut yang paling banyak dipilih adalah kubah yang bahannya enamel serta galvalum. Karena dengan beberapa pertimbangan harganya yang murah, juga saat terjadi kerusakan tidak menghabiskan banyak biaya. Contohnya kubah stainless stell yang ringan mudah kena angin atau kubah beton yang gampang retak saat ada gempa bumi.

Tidak itu saja, dari segi pewarnaan kubah galvalum dan enamel tidak monoton seperti kubah buat masjid dari bahan lainnya. Tapi kubah berbahan enamel dan galvalum warnanya lebih muncul dan Anda bisa memilih perbaduan warna sesuka hati. Untuk warna ada salah satu perusahaan produsen kubah masjid yaitu PT. Anugerah Kubah Indonesia berani memberikan jaminan warna sampai 20 tahun. Atau jika Anda ingin membuat kubah mas seperti yang di Depok, pabrik kubah tersebut dapat merealisasi meskipun hanya dalam bentuk replika

Kubah Masjid Enamel dan Galvalum

Kelebihan kubah bahan galvalum atau enamel :

  1. Kubah Panel lebih indah dengan warna yang tajam dan variatif juga tahan lama.
  2. Apabila terjadi bencana alam, resiko kerusakan yang ditimbulkan akan sangat kecil apabila dibanding dengan kubah cor dan kubah stainless steel.
  3. Sangat ringan sehingga pemasangannya tidak membutuhkan pondasi ekstra kuat.
  4. Potensi rembes atau bocor jauh lebih kecil dibanding kubah lain. Jenis kubah lainnya jika terjadi kebocoran akan dalam membenahinya memakan waktu dan biaya yang besar. Sebagai contoh atap kubah beton, saat terkena gempa dan retak.

Demi menjamin kenyamanan dan kelangsungan beribadah, pastikan Anda memilih kubah masjid berkualitas. Dalam hal ini harga kubah memang membawa kualitas. Sehingga jangan hanya tergiur dengan label harga murah saja. Karena itu, pastikan anda membeli yang terbaik dengan harga terjangkau.

Anggaran dana Anda yang tersedia bisa dioptimalkan untuk melangsungkan kegiatan lain tanpa harus mengorbankan mutu. Bingung dalam membangun sebuah masjid, tentang bagaimana Kubah Bahan Enamel, desain, bahan dan juga perusahaan kubah mana yang akan Anda pilih untuk mempercayakan pengerjaa kubah untuk masjid Anda.

Banyak sekali yang mengatakan bahwa kubah harus dibangun dengan megah. Pasalnya tujuan kubah di masjid sendiri yaitu sebagai pemanggil atau simbol untuk mengundang para pendatang yang mencari masjid agar tidak kebingungan saat mencari. Kemudian kubah juga menunjukkan betapa Islam memiliki kemegahan dan juga memberi bukti bahwa islam pernah memiliki kejayaan yang tinggi. Maka dari itu, kubah harus dibangun oleh pekerja yang profesional dan berpengalaman di bidangnya.

Asal Mula Kubah Masjid

Kubah masjid merupakan sebuah kubah yang didirikan di atap masjid. Konon secara strategis suara imam dapat menyebar ke seluruh ruangan ketika dikumandangkan, karena terjadi penguatan atau proses resonansi pada kubah.

Pada awalnya, masjid itu tidak memiliki apa-apa, tidak bermenara, tidak memiliki atap, pun memiliki kubah; masjid hanyalah satu tanah lapang yang dibatasi oleh tembok kecil di kiri dan kanan, dan untuk atap-atapnya dibuat dari alang-alang pohon kurma.

Itulah masjid nabi di Madinah. Masjid sederhana, tanpa atap tanpa jendela, tanpa kehadiran mihrab, tanpa ornamen, tanpa alas, pun tanpa kubah. Dan saat adzan orang tidak pergi ke menara dekat masjid. Orang akan beranjak ke tempat yang paling tinggi dekat masjid.

Kini zamannya beda, di zaman modern, orang tidak lagi teriak di atas menara, tapi memakai mikrofon dan speaker yang digunakan untuk memproyeksikan adzan, meskipun demikian menara dan kubah tetap menjadi unsur umum dalam arsitektur masjid di seluruh dunia. Kubah selalu melekat pada citra masjid di manapun, dengan bervariasi dan gaya yang berbeda-beda.

Kubah dimungkinkan bentuknya isohedral bagai sepak bola, bentuk bulat sempurna, atau bentuk bulat cone dengan ditutupi oleh polesan atap runcing. Masjid dimungkinkan pula memiliki kubah lebih dari satu.

Selain memberikan isyarat visual untuk sebuah komunitas muslim, fungsi utama kubah di masjid adalah untuk memberikan sudut pandang tentang kebersamaan umat diseluruh dunia yakni penyeragaman dan penghormatan pada budaya yang melahirkan dan menyebarkan ajaran Islam, yakni budaya Arab-Mediteranian.

Orang Islam bisa menggambarkan kubah dalam kepalanya. Orang Islam itu akrab dengan masjid setiap harinya. Karena panggilan untuk sholat lima kali setiap hari: fajar, siang, sore hari, matahari terbenam, dan malam dan dilaksanakan di masjid bisa secara berjamaah atau bersama-sama.

Di masjid paling modern, kubah difungsikan sebagai ornamen budaya, namun juga di lain sisi merupakan ornamen yang fungsional. Saat matahari memanaskan kubah, matahari akan terpantul kembali, oleh karenanya kubah selalu dibuat dengan warna cemerlang, entah putih atau berwarna perak. Sangat tidak umum kubah dibuat warna warni.

Sejarah perkembangan dari struktur yang lebih canggih

Meskipun kubah telah mendunia. Dikenal sejak peradaban Mesopotamia dini, terdapat pula di China, dan pula di Eropa Barat di milenium pertama sebelum Masehi.

Sehingga penggunaan bentuk kubah dalam konstruksi tidak memiliki satu titik asal dan ada di hampir semua budaya dunia, jauh sebelum kubah dibangun untuk menghasi masjid, sebagai kubah masjid. Dan dari masa ke masa sebentuk tradisi asli penggunaan kubah dalam bangunan dikembangkan luaskan ke berbagai budaya. Misalnya dalam arsitektur gereja di Rusia, yang telah mengadopsi agama Kristen Ortodoks dari Byzantium.

Kubah Rusia sering disepuh atau dicat cerah, dan biasanya memiliki karkas dan kulit luar yang terbuat dari kayu atau logam. Bentuk kubahnya menyerupai bawang dan menjadi ciri khas lain dalam arsitektur Rusia, sering dikombinasikan dengan atap tenda. Kubah ini pun pada akhirnya menjadi bagian tidak terpisahkan dari perjalanan sejarah kubah masjid.

Kubah di Eropa

Kubah di Eropa Barat menjadi populer lagi selama masa Renaissance, mencapai puncaknya dalam popularitas selama abad ke-18 awal periode Barok. Contohnya saja adalah basilika katolik di Roma, bangunannya juga memiliki kubah. Bangunan di Roma ini juga menjadi salah satu bangunan yang pada akhirnya menjadi sejarah hadirnya kubah masjid.

Mengacu kepada Oleg Grabar, kubah masjid di dunia Islam menolak imajinasi tentang kubah dari tradisi lampau. Walaupun para khalifah usmaniyah membangun istana-istananya berdasarkan kebiasaan membuat kubah dari leluhurnya yang berasal di Persia. Sementara bagi muslim penakluk Arab, mereka meneruskan tradisi dalam membuat kubah berdasarkan apa yang telah ada dan meneruskan pula tradisi dari budaya Roma juga Persia Sassanid.

Kebanyakan kubah tidak dipertahankan, terutama bila berkaitan dengan bangunan makam dan sejenisnya. Sebuah kubah pada awalnya di bangun di bagian depan masjid, tepat di atas mihrab, dan hal ini merupakan contoh kecil kebiasaan pra muslim yang tertinggal dalam bangunan, karena bangunan tersebut menandakan tempat terhormat dari seorang imam yang menjadi pemimpin seremoni keagamaan di masjid.

Kubah sebagai Penanda Tempat Ibadah

Seiring waktu berjalan, kubah seperti menjadi titik fokus terutama untuk dekorasi atau arah kiblat. Penggunaan kubah di makam juga dapat mencerminkan patronase kerajaan atau dapat dilihat mewakili kehormatan dan prestise yang dilambangkan oleh kubah tersebut. Ketika upacara penguburan dalam Islam pun, kubah mempunyai muatan ibadah.

Konstruksi kubah di dunia Islam mencapai puncaknya selama 16 – abad 18, ketika Kekaisaran Ottoman, Safawi dan Mughal, memerintah sebagian wilayah Asia, Eropa dan Afrika Utara, sehingga kebudayaan dan kultur dari kubah ikut menyebar, dari Timur Tengah ke Selatan dan Asia Tengah hingga ke Asia Tenggara.

Di Eropa sendiri, kubah biasanya didirikan dan berdiri mengadopsi bangunan yang sudah ada, alias mengalihfungsikan bangunan yang berkubah. Oleh karena itu, di Eropa barat, cukup banya gereja berkubah beralih fungsi menjadi masjid, tentu saja dengan jalan yang syah, jual beli.

Ini dicontohkan pada awalnya oleh penakluk Islam yang meneruskan kebiasaan ini di Eropa Barat. Gereja berkubah terbesar yang beralih fungsi menjadi masjid adalah Aya Sophia. Kubah masjid pada Aya Sophia merupakan peninggalan dari bangunan gereja.

Meskipun mempunyai akar budaya lampau, namun pula bisa dicarikan suatu cita rasa khas dari dalam kultur keagamaan. Misalnya untuk menciptakan rasa transendensi surgawi. Sultan Ahmed Mosque, Masjid Shah dan Masjid Badshahi adalah contoh utama dari gaya arsitektur yang menunjukkan bahwa kubah adalah sebagai perwakilan doa manusia, alias mengandung muatan filosofis.

Kubah, khususnya yang berasal dari masa Renaissance dan Baroque saat ini menginsipirasi bentuk kubah masjid di Indonesia. Arsitektur, yang dimahkotai oleh lampu raksasa khas victorian di tengah-tengahnya, dan diberikan rongga kecil pada penyangga kubah berbentuk jendela mini, merupakan sebuah inovasi abad pertengahan yang tidak hanya berfungsi untuk memberikan cahaya dan ventilasi udara, tapi memberikan dimensi ekstra pada interior dan hiasan kubah.

Bentuk kubah yang memiliki ventilasi dan lampu bergantung yang indah saat ini begitu marak di masjid-masjid modern kota besar di Indonesia. Sekaligus sebagai bukti bahwa kubah pada masjid bukan hanya salah satu simbol rumah ibadah bagi umat Islam, tapi juga proses akulturasi yang cukup panjang.

Harga Kubah Masjid Tapin

Banyak yang bertanya berapa harga kubah untuk masjid atau mushola, banyak orang yang kurang tahu bahwa setiap kubah itu mempunyai ukuran, bahan, warna dan beberapa spesifkasi sesuai dengan apa yang di order olehnya. Jadi intinya harga kubah itu berbeda, jika Anda ingin konsultasi mengenai bahan, alokasi dana, warna atau desain silahkan hubungi saya di nomer 081 333 920 729   bisa menggunakan SMS, WA atau telepon.

Apabila Anda ingin membangun kubah untuk masjid, jangan tergiur dengan harga murah. Jika sampai salah memilih pembuat kubah atau kontraktor kubah maka tidak hanya uang saja tapi juga waktu dan keselamatan jamaah yang jadi taruhannya. Pastinya Anda pernah melihat berita di berbagai media tentang kubah di sebuah masjid yang roboh, itu dikarenakan kontraktor kubahnya salah dalam perhitungan. Jika Anda ingin membangun kubah untuk masjid, silahkan pertimbangkan benar-benar hal tersebut :

  1. Kami mempunyai pabrik kubah masjid secara nyata, bukan hanya gambar dan foto saja. Kami sangat senang apabila Anda berkunjung ke tempat kami untuk dapat melihat langsung proses produksinya. Atau Anda bisa terlebih dulu video call (saat jam kerja) jika Anda ragu. Pada website lain, apakah mereka bersedia melakukan ini ?
  2. Kami PT. Anugerah Kubah Indonesia dengan brand Qoobah, telah memiliki pengalaman selama bertahun-tahun di bidang kubah masjid. Kubah produksi kami terpasang diseluruh kota di Indonesia, baik instansi swasta, pemerintah, sekolah bahkan lembaga negara tidak sedikit yang mempercayakan jasa kontraktor kubah masjidnya kepada kami. Apakah Anda mau kubah dipasang oleh tenaga yang tidak ahli dibidangnya ?
  3. Harga. Kami memproduksi sendiri, kami adalah produsen langsung memiliki pabrik sendiri sehingga harga kubah bisa ditekan, dengan para ahli di bidang desain kubah melayani pembuatan dan pembangunan kubah di seluruh Indonesia. Maka kami bisa memberikan harga yang terbaik dan sesuai perencanaan Anda. Tanpa mark up harga, tanpa fee makelar.
  4. Pemasangan dan Pengiriman. Proses pemasangan sesuai dengan jadwal yang sudah disepakati oleh Anda dan Kami. Dan kamipun melayani pengiriman dan pemasangan di seluruh Indonesia. Team pemasang kami sudah berpengalaman bertahun-tahun dan selalu mengedepankan keselamatan kerja sesuai standar kementerian tenaga kerja.

Kualitas produk kami standar ISO 9001.

  1. Komputerisasi. Kami menggunakan sistem komputerisasi untuk desain dan perencanaan produk.
  2. Garansi. Kami memberi pelayanan spesial untuk setiap pembuatan kubah masjid, yakni Garansi. Kami memberikan Garansi tertulis pada perjanjian kerjasama dan kami akan hadir secepatnya apabia masalah yang muncul sebelum dan sesudah pemasangan.
  3. Konsultasi gratis. Sebelum Anda memutuskan menjadikan kami sebagai mitra pembangunan kubah, Anda bebas berkonsultasi dengan kami kapanpun. Baik dari segi desaian, budget dan sebagainya. Atau Anda ingin sekedar bertanya, silahkan hubungi kami via SMS, telepon atau whatsapp ke nomer 081 333 920 729 atau bisa menggunakan form kontak.
  4. Banyak Portofolio. Selama tahun 2018 kami telah menerima pesanan kubah masjid lebih dari 500 lokasi di seluruh Indonesia dan sebagian wilayah Malaysia. Partner kami berasal dari pemukiman, sekolah, madrasah, pondok pesantren, universitas, kantor pemerintahan, kantor perusahaan swasta, dan bahkan kantor BUMN.
  5. Ingin konsultasi langsung ke kantor kami, silahkan datang langsung. Jika Anda dari luar kota, kami menyediakan penginapan sekelas hotel (maksimal 2 orang) yang masih satu komplek dengan lokasi produksi.

Produsen Kubah & Aksesoris Masjid yang telah berpengalaman di dalam dan luar negeri PT. Anugerah Kubah Indonesia