Pesona Kubah Masjid Agung An Nur Kota Pekanbaru

Masjid Agung An Nur Kota Pekanbaru

Satu diantara tempat yang harus disinggahi dalam satu perjalanan di kota Pekanbaru ialah satu masjid istimewa yang bernama Masjid Agung An Nur. Buat seseorang muslim pasti berhenti sesaat untuk lakukan beribadah sholat dalam satu perjalanan. Masjid An Nur mempunyai daya tarik pada orang yang lakukan perjalanan di Pekanbaru dengan keindahan arsitektur bangunan masjid. Gabungan dari beberapa style arsitektur dari mulai style Arab, India, Melayu, Turki terlihat pada bangunan exterior serta interior masjid.

Masjid An Nur berada di jalan Hangtuah, Pekanbaru. Masjid dibuat pada tahun 1963 serta 5 tahun selanjutnya pada 1968 pembangunan Masjid An Nur dituntaskan dengan mempunyai luas 50 x 50 meter serta ada di atas ruang seluas 400 X 200 meter. Dari ukuran itu Masjid An Nur dapat menyimpan 4.500 jamaah. Masjid An Nur mempunyai tiga lantai dalam bangunannya, untuk sholat dikerjakan di lantai teratas serta lantai dibawahnya menjadi ruangan pertemuan serta kantor kesekretariatan.

Masjid Agung An Nur

Pada bangunan masjid ini mempunyai tiga buah tangga yang terdapat di bagian depan masjid serta dua buah tangga yang lain ada selain kanan kiri masjid. Pada lantai atas ada pintu yang sejumlah 13 buah pintu, sedang dilantai bawah cuma ada 4 buah pintu saja. Tapi ada satu aula yang besar untuk pertemuan, serta ada kamar kamar yang besar.

Arsitektur Interior Masjid Agung An Nur

Seniman kaligrafi Azhari Nur dari Jakarta yang sudah kerjakan hiasan kaligrafi pada interior masjid pada tahun 1970. Untuk menyambungkan lantai satu serta dua ada sarana berbentuk eskalator supaya mempermudah jamaah. Panorama yang indah dapat di nikmati di halaman Masjid An Nur sebab begitu luas.

Tidak hanya menjadi tempat melaksanakan ibadah sholat, Masjid An Nur mempunyai beberapa sarana dari mulai pendidikan tingkat playgrup sampai SMA. Ada pula perpustakaan lengakap, ruangan pertemuan yang cukuplah luas, serta ruangan kantor. Satu Masjid An Nur mempunyai Penyiaran Radio sendir yang bernama LPK An-Nur FM pada frekwensi 107.7 MHz. Halaman masjid yang luas tiap hari digunakan beberapa orang menjadi tempat berolahraga.

Masjid Agung An Nur Pekanbaru

Jadi arsitektur yang indah pada masjid dapat jadi oleh oleh menjadi latar belakang pemungutan gambar hasil dari traveling atau wisata religi yang beberapa orang kerjakan dari sana. Masjid An Nur bukan sekedar jadi tempat beribadah yang sakral saja, tapi masjid satu ini telah jadi satu diantara simbol kota Pekanbaru menjadi tujuan wisata religi.