Masjid Yamp Karawang

Masjid Yamp Karawang

Keindahan Masjid Jami’ Al-Hidayah

Masjid Jami’ Al-Hidayah adalah salah satunya bangunan masjid yang dibuat oleh Yayasan Amal Bhakti Muslim Pancasila (YAMP) pada masa Presiden Suharto. Masjid ini adalah salah satunya masjid YAMP di daerah Kabupaten Karawang, persisnya ada di kampung Teluk Ampel, Desa Karyamakmur, kecamatan Batujaya Kabupaten Karawang, Provinsi Jawa Barat. Tempatnya tidak ada di pinggiran jalan raya Batujaya tetapi cukup sedikit masuk beberapa mtr. dari jalan penting. tetapi nampak secara jelas dari terlalu jauh.

Seperti masjid masjid YAMP yang lain, bangunan masjid Jami’ AL-Hidayah inipun dibuat dengan arsitektur asli Indonesia seperti rupa bentuk Masjid Agung Demak. Atap limas bersusun tiga ditambah lagi teras di ke-3 bagian luarnya. Serta dibagian dalam masjid tidak diperlengkapi dengan sokoguru penyanggah atap memberi ruangan yang tekesan bertambah lega.

Prasasti pembangunan masjid ini ditempatkan di tembok sisi dalam samping utara serta diberi tanda tangan langsung oleh almarhum presiden Suharto, walau plakat di masjid ini tidak diperlengkapi dengan tanggal pembangunan. Sore hari mendekati magrib di masjid ada seorang pengurus masjid yang sedang khusu’ melantunkan ayat ayat suci Al-Qur’an sambil menanti tibanya waktu magrib serta Jemaah satu-satu banyak yang datang.