Masjid Tombul – Bulgaria

Masjid Tombul di Bulgaria

Masjid Tombul atau “Tombul Mosque” terdapat di Bulgaria, persisnya di Georgi Sava Rakovski, Shumen, Bulgaria. Masjid ini termasuk masjid yang begitu bersejarah, di mana dibuat pada saat Emperium Usmaniyah (Ottoman / Turki Usmani). Saat masjid dibuat, Lokasi Bulgaria masih tetap jadi lokasi kekuasaan dari Turki Usmani, hingga arsitektur Masjid Tombul juga mengangkat style ciri khas Emperium Usmaniyah itu. Keunikan masjid yang dipunyai oleh masjid pada kekuasaan Eperium Usmaniyah ialah Kubah Jumbo, dengan menara pencakar langit.

Sampai sekarang ini, Masjid Tombul adalah masjid yang sangat tua serta paling besar di Bulgaria serta jadi satu diantara masjid paling besar didaerah Semenanjung Balkan.

Awalannya, masjid ini dimaksud dengan “The Sherif Halil Pasha Mosque”, sebab memang pendirinya ialah Sherif Halil Pasha yang disebut bekas penguasa Bulgaria pada saat kejayayaan Emperium Usmaniyah. Beliau lahir di Madara, yakni satu desa yang terdapat 17 Km. dari kota Shumen. Tetapi lalu oleh penduduk ditempat justru seringkali dinamai “Masjid Tombul” sebab bentuk atap masjidnya yang berlapis bertingkat serta melambung tinggi. Makna kata Tombul dalam Bahasa Turki ialah Muncul, jadi dalam bahasa Indonesianya Masjid Tombul bermakna “Masjid Timbul” dari karakter bangunannya.

Masjid Tombul Bulgaria

Masjid ini pertama-tama dibuat pada era ke-17 Masehi, atau seputar tahun 1740-1744. Pembangunannya dikerjakan langsung oleh Sherif Halil Pasha dengan ambil tempat di timur laut kota Shumen, tetapi sekarang ini ada disamping barat daya dari kota itu sebab perubahan cepat dari lokasi Shumen.

Ruangan Utama untuk sholat dikasihkan luas 1,1730 meter persegi, di mana ambil tempat yang dulunya jadikan menjadi halaman dan ruangan asrama sekolah madrasah diwilayah itu. Sebab usianya yang telah cukup tua, masjid ini lalu memperoleh penghargaan menjadi “Monumen Arsitektur serta Kontruksi” yang di cap dalam undang-undang Nomer 22 tahun 1975 oleh pemerintah Bulgaria. Lalu, sebab adalah warisan tua dunia, masjid ini pula dimasukkan dalam rincian 100 arah wisata yang harus didatangi bila berkunjung ke negara Bulgaria.

Arsitektur Masjid Tombul

Untuk arsitekturnya, masjid ini biasa diketahui dengan lengkungan pelataran masjid, dan minimal 12 ruang yang melingkari masjid itu. Menara tunggal yang menjulang sampai 40 meter dengan 99 anak tangga yang terbuat dari batu pun adalah ke-khas-an masjid ini.

Kekhasan yang lain ada pada air pancuran dari tempat berwudhu yang diakui dapat mengobati beberapa jenis penyakit. Tidak bingung bila banyak beberapa wisatawan yang berkunjung ke Masjid Tombul tetap meluangkan diri untuk berwudhu dan membawa air itu untuk oleh-oleh.

Pelataran sisi tengah ialah penghubung penting pada bangunan utama dengan bangunan yang lain. Ditambah lagi lapangan kecil yang terbuka dan deretan Arcade yang langsung ke arah bangunan utama masjid membuat bangunannya makin unik. Umumnya lapangan kecil itu dipakai untuk tempat bermain buat anak-anak, atau dipakai menjadi ruangan penambahan shalat bila paket di dalam masjid telah tercukupi. Sedang Arcade itu didukung oleh 4 pilar yang terbuat dari batu pualam memiliki ukuran besar sekali.

Interior Masjid Tombul Bulgaria

Untuk Susunan penting masjid ialah susunan bertingkat 3, di mana susunan sangat bawah mempunyai bentuk sisi empat, lantas susunan ke-2 mempunyai bentuk octagonal, dan tingkat paling atas mempunyai bentuk melingkar menjadi alas dari Kubah masjid memiliki ukuran 25 meter.

Kemudian, Ruangan Utama masjid berukurang cukup kecil, cuma seputar 15 meter persegi saja, ditambah lagi 4 jendela besar dengan kaca patri yang indah. Jamaah pria ada pada lantai sangat bawah, sedang jamaah wanita ada di lantai dua.

Tidak hanya populer dengan eksteriornya yang indah, nyatanya masjid ini pula mempunyai interior design Usmaniyah serta Baroque Prancis. Yakni Interior masjid berbentuk lukisan dinding berbentuk beberapa skema tumbuhan, dan bentuk geometris serta Kaligrafi Al-Qur’an.