Masjid Terapung Al Munawwar – Ternate

Masjid Al Munawwar Ternate

Satu diantara bangunan yang paling mengundang perhatian di ternate adalah masjid terapung al munawwar. Saat ada diketinggian hawa serta ingin datang pada lapangan terbang sultan Baabullah ternate akan terlihat masjid terapung ini. Masjid ini termasuk juga masjid paling besar di daerah Maluku Utara hingga jadi kebanggan buat masyarakat di sini. Yang membuatnya unik adalah masjid ini pas berdiri di bibir pantai bernama Swering Gamalama dibarengi oleh dua menara yang berdiri kuat di darat, dan dua menaranya yang terbenang di air laut.

Dengan situasi didekat pantai akan membuat interior masjid ini begitu sejuk. Terdapatnya angin laut yang berhembus tembus celah-celah jendela masjid sudah jadikan hawa di dalam masjid begitu sejuk. Hal ini meningkatkan khusuk buat siapapun yang sedang melaksanakan ibadah didalamnya. Pemasangan lantai berbahan keramik begitu bening serta mengkilap ini makin meningkatkan keindahan interior masjid terapung ini. Terdapatnya pilar-pilar masjid yang dikasih warna putih serta hiasan pada bagian ujung pilar yang berwarna emas ikut serta meningkatkan kesan-kesan yang istimewa interior masjid itu. Beberapa bahan bangunan dari masjid ini dihadirkan dengan cara langsung dari Negara Turki seperti ornament interior masjid baik lampu ataupun keramiknya. Untuk masuk bangunan masjid penting, anda pun harus naik tangga yang dengan cara langsung menyambungkan bangunan masjid penting dengan ruang luar masjid.terdapatnya banyak jendela yang dipasang dimasjid ini membuat makin sejuk sebab angin sepoi-sepoi yang masuk dari pesisir pantai.

Masjid Terapung Al Munawwar

Bila anda melingkari masjid itu, akan kelihatan panorama laut yang indah ditambah lagi saat senja serta pagi hari. Tentunya satu pengalaman bernilai yang tidak terlewatkan saat lihat matahari terbenam serta keluar dari masjid ini. Dari bagian lain masjid ini, anda akan lihat panorama berbentuk Gunung Gamalama dengan keindahan warna hijaunya. Bila anda melaksanakan ibadah di masjid terapung itu seolah membuat anda rasakan ada di daerah perbatasan tiga alam yaitu darat, laut, ataupun hawa.

Keindahan Bangunan Masjid Terapung Al Munawwar

Masjid terapung Al Munawar mempunyai luas bangunan 9.512 meter persegi hingga dapat menyimpan kira-kira 15 ribu jamaah. Ada 4 menara yang ada di tiap sudut-sudut masjid. Tingginya ditaksir sampai 44 meter. Untuk menara yang sejumlah dua buah dibuat begitu kuat di basic laut.

Keindahan exterior masjid makin berasa adanya bangunan kubah yang berwarna kuning digabungkan dengan warna hijau. Hingga bangunan masjid ini memiliki nuansa putih, kuning dan hijau. Warna ini begitu terkesan asri bila disaksikan. Ditambah lagi masjid ini ada di pinggir laut yang meningkatkan keindahan masjid ini. Pada bagian ujung menara dipasang kubah kecil yang begitu indah dengan warna serta memiliki bentuk mirip kubah induknya.

Masjid Terapung Al Munawwar Ternate

Type kubah semacam ini biasa diketahui jadi kubah motif atau kubah enamel. Warna yang disiapkan untuk kubah type ini benar-benar sangat bermacam serta begitu mencolok hingga pas untuk bangunan masjid yang terkesan elegan. Satu diantara warna yang ada adalah warna seperti kubah masjid al munawwar ternate ini. Warna ini begitu pas dengan bangunan masjidnya.

Tidak hanya warna, kubah type ini diakui sebab keindahan serta ketahanan kubah yang dapat bertahan sampai berpuluh-puluh tahun lamanya. Hingga anda dapat mengirit biaya perawatan masjid. Kubah seperti ini begitu pas untuk dibuat di wilayah pegunungan atau wilayah pantai seperti letak Masjid al Munawwar ini. Sebab bangunan masjidnya tahan pada erosi serta guncangan yang begitu dahsyat sebab gempa sekalinya.