Masjid Sentra Kota Perm – Perm Central Mosque, Rusia

Masjid Sentra Perm, Rusia

Perm adalah satu diantaranya nama kota yang sekaligus juga jadi Ibukota bagi daerah administrasi Perm Kray yang terdapat di pinggir sungai Kama, Rusia. Kota Perm sampai sekarang ini populer dengan pusat produksi amunisi serta alat perang Rusia semenjak masa Tsar, Uni Soviet, sampai masa Federasi Rusia sekarang ini.

Di kota itu berdiri satu bangunan masjid tua yang telah eksis semenjak tahun 1902 – 1903. Masjid itu diketahui menjadi Perm Central Mosque atau Masjid Sentra Kota Perm.

Masjid Sentra Perm dibuat seputar tahun 1902 sampai 1903 di Ibukota Perm yang masuk dalam lokasi Tatar, Rusia. Keseluruhnya cost serta proses pembangunan masjid ini dibiayai oleh keluarga muslim kaya di daerah Tatar juga masyarakat ditempat. Rancang bangunannya dibikin oleh Alexander Ozhegova, dibikin dengan style kombinasi ciri khas dari arsitektur negara Rusia juga kebudayaan Islam. Untuk beberapa waktu semenjak pembangunannya, masjid ini sudah sempat menggenggam rekor menjadi masjid sangat utara di belahan bumi ini.

Masjid Sentra Perm sempat juga alami saat-saat kelam seperti tempat beribadah yang lain yang ada di Rusia, yakni saat Rezim Komunis Uni Soviet berkuasa, keseluruhnya tempat beribadah di negara Rusia ditutup paksa bahkan juga ada yang diluluhlantakkan tidak bersisa. Masjid Sentra Perm diambil alih oleh pasukan komunis Uni Soviet pada tahun 1940 serta dialih-fungsi menjadi gudang arsip. Masjid ini baru digunakan kembali menjadi tempat beribadah kaum muslim pada tahun 1990-an, sesudah Rezim Uni Soviet roboh.

Menara Masjid Sederhana

Sejarah Masjid Sentral Perm Rusia

Menurut sejarah, dijelaskan jika di akhir era ke 19 Masehi telah ada satu tempat beribadah yang diperuntukkan bagi 650 muslim yang ada di Kota Perm. Lantas bersamaan meningkatnya perubahan islam dari sana, mewajibkan pembangunan masjid baru yang lebih luas, serta pada akhirnya digagas pembangunan Masjid Sentra Perm ini.

Persisnya pada tanggal 19 April 1900, Pemerintah Kota Perm menyetujui proposal yang diserahkan oleh komunitas muslim ditempat dengan pembangunan Masjid yang ada di samping bangunan Osissky serta Monastry di kota itu. Lantas, pada tahun 1901, komunitas muslim kota Perm memperoleh izin untuk mengawali pembangunan masjid. Bangunan masjid itu usai serta diresmikan pada tanggal 26 September 1903.

Keseluruhnya dana juga proses pembangunannya ditangani oleh Saudagar Muslim Kaya, Agafurovyh, Timin serta Ibatullin. Dengan seni bina bangunannya, masjid ini mengambil bentuk eklektisisme dengan satu ruangan kubah penting yang besar ditambah lagi menara di pintu masuknya. Bahkan juga, pada tahun 1911 masjid ini sudah sempat memperoleh julukan menjadi “Elegant Mohammedan Mosque”.

Masjid Sentra perm Rusia

Makin berjalannya waktu, makin menambahnya pemeluk islam baru yang ada di Kota Perm. Perihal ini bsia dilihat dari pembukaan Perpustakaan Umum Muslim Perm yang dibuka pada tahun 1908. Lantas dibuat juga satu madrasah untuk pendidikan basic penduduk ditempat, saat itu banyaknya memang masih tetap 220 santi saja, akan tetapi bersamaan perubahannya sampai sekarang ini anak-anak yang belajar di madrasah itu makin bertambah.

Sampai sekarang ini, Masjid Sentra Perm jadi hanya satu masjid untuk 3 juta masyarakat muslim di Kota Perm, walau ada satu masjid di Zakamskaya yang bisa dipakai untuk kemampuan kecil saja yang terdapat di pinggir kota Perm. Masjid ini jadi masjid penting buat kaum muslim di Perm, sekaligus juga jadi pusat kebudayaan serta tempat perayaan hari-hari besar muslim. Beberapa pekerjaan pendidikan pula diadakan di lokasi masjid ini, seperti Kursus Basic Islam, Pelatihan Bahasa Tatar serta Arab, dan beberapa pekerjaan pendidikan yang lain.

Hubungi Kami
WA
Telp
Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image