Masjid Agung Di Tanah Papua

Masjid Agung Di Tanah Papua

Masjid Raya Waisai, Raja Ampat, Papua Barat.

Masjid adalah rumah tempat ibadah umat Islam atau Muslim. Masjid artinya tempat sujud, dan sebutan lain bagi masjid di Indonesia adalah musala, langgar atau surau. Istilah tersebut diperuntukkan bagi masjid yang tidak digunakan untuk salat Jumat, dan umumnya berukuran kecil. Selain digunakan sebagai tempat ibadah, masjid juga merupakan pusat kehidupan komunitas muslim. Kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qur’an sering dilaksanakan di Masjid.

Raja Ampat adalah nama yang identik dengan destinasi wisata memikat hati bagi wisatawan lokal hingga mancanegara. Keindahan alam Raja Ampat sudah dikenal dunia Internasional. Raja Ampat merupakan kabupaten pemekaran dari Kabupaten Sorong propinsi Papua Barat yang dibentuk tahun 2002 dan di deklarasikan pada tahun 2003. Wilayah Kabupaten Raja Ampat terdiri dari 4 pulau besar yaitu Pulau Waigeo, Batanta, Salawati dan Misool, dan lebih dari 600 pulau-pulau kecil. Secara administratif Kabupaten Raja Ampat dibagi menjadi 24 kecamatan dengan total luas wilayah 8.034,440 Km2 (berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri No. 6 Tahun 2008) dimana sekitar 85% wilayahnya berupa perairan.

Masjid-Agung-Waisai-1024x768

Di Kota Waisai sebagai ibukota kabupaten Raja Ampat, saat ini sudah berdiri megah sebuah Masjid Agung dengan nama Masjid Agung Waisai. Nama masjid ini sebenarnya adalah Masjid Agung Nurul Yaqin, namun lebih dikenal dengan nama Masjid Agung Waisai. Masjid megah ini awalnya merupakan bangunan masjid kecil sederhana dengan nama masjid Nurul Yaqin dibangun dengan dana swadaya masyarakat tahun 2003 dengan imam pertamanya bpk. Halimun Manam (alm). Setelah beliau berusia udzur digantikan oleh bpk H.M Hanaping. Setelah jumlah masyarakat Islam bertambah banyak, masjid Nurul Yaqin Waisai tidak mampu lagi menampung jamaah shalat Jumat atau tarawih. Selain kegiatan Shalat, Masjid ini juga digunakan anak-anak untuk belajar membaca Al-Qur’an, dimana kegiatan mengaji dilaksanakan setelah Shalat Isya.

11

Pemasangan Kubah Masjid.

Masjid Raya Waisai Jl. Jend. Sudirman, Waisai, Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat, Masjid yang didesain megah dengan mengadopsi nilai-nilai kearifan lokal Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat . Selain itu, ada desain kubah masjid yang sangat unik yang mempunyai arti “Raja di Negeri Bahari”.

“Ini merupakan masjid terbesar yang berada Jl. Jend. Sudirman, Waisai, Waigeo Selatan, Kabupaten Raja Ampat, Papua Barat. Sejauh ini proses pembangunan sudah nampak kokoh dengan rangka baja sampai ke Atap masjid juga sudah mulai naik. Pembangunan kubah berbahan plat baja  dengan Finishing Coating Enamel diameter bawah 22 m, diameter perut 24 m dan tinggi 15 m dengan luas 1.130,40 m2.

13

Rangka Kubah Masjid Berbahan Primer pipa Galvanis dengan ukuran 3 inc tebal 2 mm, System rangka Double Frame (Kremona) 

14

Atap Kubah Masjid Berbahan Plat Besi SPCC SD 0,9 – 1 mm (Spek Enamel Grade), Finishing Coating Enamel dengan suhu 800-900° Celcius by PT. MASPION, bergaransi sampai dengan 20 tahun.

Kontraktor Kubah Masjid Di Indonesia

Kami kontraktor kubah masjid Jawa Timur siap melayani pemesanan dan pemasangan kubah masjid yang terpercaya. Dalam pemasangan kubah masjid sebaiknya dipercayakan kepada pihak yang sudah berpengalaman dalam hal kubah masjid. Saat ini sudah banyak masjid yang mempercayakan kepada kami, dengan model kubah masjid keinginan anda.

Di indonesia & Malaysia sudah banyak masjid yang telah mempercayakan pemasangan kubah kepada kami, tidak hanya itu kami juga telah menyelesaikan pemasangan kubah masjid dari sabang sampai merauke.