Masjid Raya Al Amin Dolok Sanggul Humbahas

Masjid Raya Al Amin

Sebuah bangunan masjid yang berdiri kokoh di Humbang Hasundutan atau lebih dikenal dengan singkatan Humbahas yaitu masjid raya al amin. Tempat itu merupakan salah satu kabupaten yang berasa di provinsi Sumatera. Humbahas saat ini menjadi sebuah kabupaten diresmikan pada tanggal 28 Juli 2008 yang merupakan sebuah daerah otonomi baru dari pemekaran Kabupaten Tapanuli Utara. Ibukota dari Humbahas berada di Dolok, Sanggul. Luas wilayah tersebut mencapai 2.335.33 kilo meter persegi dengan jumlah penduduknya di tahun 2010 yang mencapai 171.650. kabupaten Humbahas terletak di dataran tinggi dengan ketinggian 330-2.075 meter dari permukaan laut. Maka tak heran di Humbahas suasananya sangat sejuk karena berada di dataran yang cukup tinggi. Humbahas memiliki sebuah lembah yang terkenal dan menjadi salah satu tujuan utama para wisatawan sekitar dan luar wilayah untuk menghabiskan akhir pekan atau liburan. Lembah tersebut bernama Lembah Bekara. Selain terkenal, lembah tersebut juga merupakan sebuah kampong halaman dari Pahlawan Nasional Sisingamangaraja XII yang berasal dari Kabupaten Humbahas.

Selain merupakan tempat dari salah satu pahlawan Nasional, Humbahas juga merupakan salah satu penghasil kopi yang menjadikan komuditas utama dari hasil perkebunan dari daerah tersebut. Selain menghasilkan kopi, Humbahas juga menghasilkan kemenyan dengan aroma yang semerbak dan mempunyai nilai khas tersendiri. Tak sedikit juga masyarakat yang selalu memakai kemenyan. Kemenyan juga merupakan komuditas terbesar setelah kopi yang dihasilkan dari perkebunan Humbahas.

Masjid Raya Al Amin

Pemeluk agama islam di Humbahas termasuk minoritas. Meskipun demikian, di Humbahas tepatnya di Dolok Sanggul terdapat sebuah bangunan masjid yang dibanggakan oleh umat muslim Humbahas pada umumnya. Masjid itu dikenal dengan nama masjid Raya Dolok Sanggul. Dolok Sanggul tersebut merupakan sebuah kota yang sangat nyaman, asri dan sejuk karena lokasinya berada di sebuah bukit Barisan. Jika ditempuh dari arah bandara Sibolangt yang berada di Siborong-Borong maka hanya sekitar 45 menit akan tiba di Dolok Sanggul. Bandara tersebut sengaja tersedia di Tapanuli Utara untuk para wisatawan yang ingin pelesir mengunjungi Danau Toba.

Arsitektur Masjid Raya Al Amin

Masjid Raya Al Amin atau Masjid Dolok Sanggul ini berada di tempat yang strategis dengan bangunan masjid yang mencolok. Hal tersebut dikarenakan bangunan masjid tersebut memiliki warna hijau terang. Hal lainnya yang membuat berbeda dan memiliki daya tarik tersendiri adalah dari bentuk bangunan masjid yang berbeda dengan beberapa bentuk bangunan yang berdiri diwilayah tersebut. Kemudian lokasinya berada di tepi jalan raya sering dilewati oleh para pedagang dan orang-orang yang melintas di wilayah tersebut. Bangunan masjid Raya Al-Amin Dolok Sanggul ini tidak hanya digunakan sebagai tempat beribadah umat muslim yang berjumlah sekitar 6000 jiwa disana, tetapi juga difungsikan untuk para pedagang serta wisatawan yang mengunjungi Humbahas untuk beristirahat serta melaksanakan ibadah shalat.

Masjid Raya Al Amin Dolok Sanggul

Arsitektur bangunan masjid Raya Al-Amin Dolok Sanggul terlihat seperti bangunan masjid modern pada umumnya. Pada bagian atap masjid terdapat tiga kubah masjid dengan berwarna putih besi. Kubah utama masjid ukurannya paling besar berada di tengah-tengah atap bangunan utama masjid. Sedangkan kedua kubah lainnya berada di sebelah kiri dan kanan di atas sebuah menara yang sebagian bangunannya menempel dengan bangunan utama masjid. Sebelum memasuki masjid tersebut para jamaah dan pengunjung akan melewati gerbang yang berbentuk kotak polos berwarna hijau yang senada dengan warna bangunan masjid tersebut.