Masjid Omar Ali Saifuddien Brunei Darussalam

Masjid Terpopuler di Brunei Darussalam

Salah satunya bangunan masjid yang populer di Brunei Darusalam adalah Masjid Omar Ali Saifuddien. Bangunan masjid ini dibuat pas di atas laguna bikinan yang ada di pinggir sungai Brunei yaitu di tengah kampong Ayer (atau kampung air) di kota Bandar seri Begawan. Masjid ini menyengaja dibuat ada diatas laguna karena waktu pembangunan yang sama pada pembangunan tiruan bahtera Sultan Bolkiah era ke 16. Sedang tempat tiruan bahtera itu pun pas ada di dalam laguna serta ada dimuka masjid yang sudah dikaitkan oleh jembatan batu pualam.

Masjid ini pula sudah diperlengkapi oleh taman cukuplah indah serta luas. Taman itu ada di tanah sisa padang atau tanah lega yang berada di seputar bangunan masjid kajang. Pada komplek ruang masjid ini juga diperlengkapi oleh menara pualam serta kubah besar yang dilapis oleh emas murni.

Masjid Omar Ali Saifuddien

Ada 2 jembatan menjadi penghubung masjid serta untuk melewati laguna. Jembatan yang satu untuk jalan ke kampung ayer sesaat jematan satunya kembali untuk jalan ke Bahtera yang ada di dalam laguna.

Sebenanrnya masyarakat Brunei khsusnya di kampung ayer ini jauh di atas garis kemiskinan ditambah lagi Negara ini termasuk juga salah satunya Negara islam dengan status makmur serta kaya disandangnya. Hingga penduduknya bukan Hanya menjadi pemirsa kekayaan negaranya saja tetapi sebagai pencinta kekayaan dari negaranya itu.

Masjid ini sangat mencolok sebab dibuat di ketinggian 52 meter. Hingga dapat disaksikan dari pojok bagian mana saja dari kota Bandar Seri Begawan. Sesaat untuk menara tunggalnya juga diperlengkapi oleh sarana elevator. Perihal ini sangat mungkin buat beberapa pengunjung untuk dapat naik pada puncak menara serta lihat indahnya panorama di seputar kota.

Masjid ini cuma digunakan menjadi tempat beribadah saja. Ada jendela masjid yang dibikin berbahan stained glass/ kaca patri dengan warna yang berbagai macam. Sesaat untuk lengkungan, pilar pilar serta semi kubahnya dibikin berbahan batu pualam. Bahan bahan material yang dipakai untuk bangun masjid ini umumnya dari brunei sendiri. Akan tetapi untuk batu pualamnya menyengaja dihadirkan langsung dari Negara Italia. Setelah itu untuk bahan material batu granit pun dihadirkan langsung dari Shanghai (China). Indahnya lampu gantung yang dipasang di masjid ini pula dihadirkan dari Inggris dengan keindahan karpet dalam masjid dari Negara Belgia dan Saudi Arabia.

Masjid ini pula jadi salah satunya masjid sebagai symbol bila islam adalah agama sah dan jadi nafas kehidupan dari Negara ini. Indahnya masjid ini pula baru tuntas dibuat pada tahun 1958.

Bangunan Kubah Masjid Omar Ali Saifuddien

Kubah masjid yang berlapis emas ini dapat jadikan masjid ini menjadi salah satunya masjid yang sangat indah di Negara ini. Ditambah lagi panorama yang disuguhi di seputar masjid yang jadikan masjid tampak lebih jelas. Tidak hanya kubah induk, masjid ini pula mempunyai kubah kecil di sekitar kubah induknya. Warna kubah kecil pun sama juga dengan kubah besarnya yaitu berwarna emas. Umumnya di Negara Brunei memang bangun masjid dengan kubah berwarna emas.

Bila di Negara Indonesia cuma beberapa masjid yang mempunyai kubah emas. Umumnya kubah masjid yang dipakai di Indonesia berbahan beton ataupun dari panel enamel. Kubah berbahan beton ini nanti akan dicat sama dengan bangunan masjid dibawahnya. Sesaat bila ingin kubah dengan kombinasi warna mencolok serta lebih dari 2 warna, di sini pilih kubah panel enamel yang banyak di pakai oleh masjid masjid moderen.

Hubungi Kami
WA
Telp
Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image