Masjid Mashkhur Jusup

Masjid Mashkhur Jusup

Keindahan Masjid Mashkhur

Susah rasa-rasanya untuk meredam mulut tidak ternganga waktu lihat Masjid Raya Mashkur Jusup. Masjid yang terdapat di Pavlodar, Kazakhstan, ini demikian unik. Siapapun yang lihat seakan disilahkan berimajinasi.

Masjid Mashkur Jusup jadi salah satunya masjid paling besar di Kazakhstan. Masjid berdiri di atas tempat seluas 6 hektare serta dapat memuat kira-kira 1.500 jemaah.

Memiliki bentuk yang unik membuat siapapun yang menyaksikannya berimajinasi. Jika disaksikan di luar, masjid berwarna toska ini seperti terlihat topi tentara Jepang jaman dulu. Bangunan masjid seolah seperti topi serta pintu berupa kotak nampak bak muka yang sedikit tertutup malu-malu.

Mashkur Jusup direncanakan oleh team dari Almaty Gipro Gor Institute yang disebut pusat analisis arsitektur yang bertempat di ibu kota Kazahstan.

Pembangunan Mashkhur Jusup usai di tahun 2001 yang lalu. Nama masjid itu diambil dari sejarawan serta penyair asal Kazakhstan, Mashkhur Jusup.

Fundamen bangunan ini berupa sisi delapan berdiameter 48 mtr. yang mengerucut ke atas seperti dome.

Sesaat tinggi masjid capai 63 mtr.. Tinggi bangunan itu diambil untuk lambang Nabi Muhammad SAW yang hidup semasa 63 tahun.

Selanjutnya di bagian interior masjid, ada beberapa lampu kristal yang menerangi ruang. Lampu itu umum disebutkan zumrad yang menyebar sekitar 434 lampu di masjid.

Tidak cuma untuk melaksanakan ibadah, lantai fundamen masjid ini seringkali dipakai untuk pekerjaan lain seperti acara pernikahan. []