Masjid Mashkhur Jusup

Masjid Mashkhur Jusup di Negara Kazakhstan

Kazakhstan ialah satu negara yang wilayahnya ada pada potongan dari benua Asia serta Eropa. Negara ini terhitung negara baru, sebab baru merdeka pada tahun 1991 hingga masih asing di telinga banyak manusia di dunia ini. Yang menakjubkan di negara Kazakhstan sebagian besar penduduknya ialah muslim seputar 70 % dari 17 juta jiwa masyarakat negara. Kazakhstan mempunyai sumberdaya alam yang luar biasa yakni minyak dan memiliki tempat ibadah umat muslim yang megah yaitu masjid mashkhur jusup. Tetapi lagi idiologi tidak bertuhan komunisme, sudah sempat membuat kehidupan Islam di Kazakhstan redup.

Kira-kira 70 tahun Kazakhstan jadi sisi dari Uni Soviet hingga komunisme kuasai Kazakhstan. Islam jadi lawan nomor satu buat komunisme hingga kegiatan beragama tidak bebas. Tetapi saat ini telah beralih, umat muslim dari sana dapat melaksanakan ibadah dengan bebas. Kemerdekaan Kazakhstan membuat masyarakat kembali jalankan ajaran Islam. Hal itu dapat dibuktikan dengan mulai banyak dibuatnya satu masjid di negara itu.

Arsitektur Masjid

Negara Kazakhstan, banyak mempunyai bangunan masjid dengan arsitektur yang ciri khas serta unik, diantaranya ialah Masjid Mashkhur Jusup yang ada di pusat kota Turki, Pavlodar, Kazakhstan. Nuansa Islami benar-benar kental di hampir tiap pojok kota ini. Dari mulai rutinitas masyarakat seharian sampai landmark ciri khas Islam ada di kota ini.

Masjid yang dibuka pada tahun 2012 ini, dapat menyimpan sampai 10.000 jamaah untuk shalat. Kekhasan Masjid Mashkhur Jusup ialah mempunyai kubah yang seperti gorden dengan aksen lipat-lipat. Masjid Mashkhur Jusup bergaya arsitektur Islam Classic kelihatan pada empat menara yang dipunyainya dengan ketinggian 77 meter.

Kubah masjid ini ialah kubah paling besar di kota Pavlodar, Kazakhstan dengan mempunyai ketinggian 51 meter serta diameter 28 meter. Tidak hanya ruangan sholat, masjid ini juga mempunyai sarana umum dari mulai gedung sekolah, gedung pernikahan, museum budaya Islam, perpustakaan, bioskop, ruangan makan, serta beberapa ruang umum lainnya.

Penduduk nomaden atau beralih geser membuat kuda jadi alat transportasinya, diluar itu negara ini menghasilkan daging kuda paling besar ke-2 sesudah Cina sebab daing kuda jadi sumber protein pada makanan masyarakat Kazakhstan.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image