Masjid Jami Al-Anam Karawang

Masjid Jami Al-Anam Karawang

Keindahan Masjid Jami Al-Anam Karawang

Bangunan Masjid Jami’ Al-Anam dibuat dengan design masjid kekinian, walau dengan ukuran yang tidak luas. Denah yang diadopsi ialah sisi empat simetris. Selanjutnya tiga sisinya dibuat komplet dengan teras semasing dengan bentuk yang serupa, terdapat disamping Utara, Selatan serta Timur. Sedang di bagian barat, Teras memang dibikin dengan design yang serupa, tetapi dipakai untuk tempat Mihrab.

Bangunan Masjid Jami’ Al-Anam dielngkapi dengan satu kubah penting memiliki ukuran lumayan besar, dikelilingi oleh empat kubah kecil di ke-4 pelosok atapnya. Kubah-kubah yang bertambah kecil itu dibuat seperti satu menara tetapi dengan ukuran mini.

Lantai bangunan masjidnya ditinggikan beberapa puluh cm dari permukaan tanah, serta diberi anak tangga di semasing jalan akses masuknya. Ini ditujukan supaya bila berlangsung hujan lebat, kubangan air tidaklah sampai masuk ke masjid. Selanjutnya, 4 pilar beton dengan bentuk bulat dibuat dengan kuat untuk menyokong susunan atapnya. Pilar-pilar itu dilapis dengan marmer berwarna kuning ke emasan yang makin meningkatkan keelokan ruang dalam masjid.

Teras yang dibikin dengan bentuk yang serupa ini cukup unik, sebab meng-isyaratkan ada 3 jalan masuk penting untuk masjid ini. Bila disaksikan di luar, design masjid ini dapat disebut cukup minimalis tetapi benar-benar kekinian serta istimewa. Ditambah lagi, kaca-kaca jendela yang berwarna kebiru-biruan meningkatkan keelokan bangunan masjid ini.

Bila masuk ke masjid, kita akan memperoleh ruangan yang dingin, simpel tetapi kekinian. Lantainya dilapis dengan keramik putih, selanjutnya dibalut dengan beberapa baris karpet sajadah pada beberapa shaffnya. Untuk pembatas di antara jamaah laki-lai serta wanita, dibikin seperti papan dari triplek serta kayu. Jamaah pria terdapat dibagian depan, sedang sisi belakang spesial untuk jamaah wanita.

Bila kita melihat dengan cara cermat, sisi mihrab untuk masjid ini dibikin dengan benar-benar simpel, dengan 1 jendela pas pada bagian depannya. Satu mimbar kecil minimalis yang dibuat dari kayu diletakkan di ruang mihrab itu.