Masjid Istiqomah di Kabupaten Bengkalis Riau

Masjid Istiqomah

Bengkalis ialah satu diantara kabupaten di Propinsi Riau. Daerah kabupaten ini terbagi dalam dua type, yaitu daratan yang terdapat dibagian timur Pulau Sumatra serta daerah yang terpisah dari Pulau Sumatra, diketahui jadi Pulau Bengkalis. Tempat Bengkalis yang tidak jauh dari Malaysia serta notabene sama- sama datang dari rumpun Melayu kurang lebih memunculkan akulturasi. Logat bicara Melayu Malaysia lebih kental dibanding Melayu Riau, hingga jadi kekhasan tertentu.

Ibu kota kabupaten, yaitu Bengkalis, terdapat di Pulau Bengkalis. Di kota ini ada masjid indah sebagai kebanggaan warga Bengkalis, yaitu Masjid lstiqomah.

Masjid Istiqomah adalah rumah beribadah istimewa sebagai simbol Kabupaten Bengkalis. Pembangunan masjid ini adalah terobosan mengingat tingginya tingkat kesukaran untuk membuat satu masjid istimewa dengan tiang-tiang menara tinggi diatas tanah Bengkalis yang gembur atau tanah gambut.

Masjid Istiqomah Bengkalis

Arsitektur Bangunan Masjid Istiqomah

Masjid lstiqomah mendapatkan dampak style arsitektur Turki, Arab, serta budaya lokal Melayu. Tiang-tiang menara masjid dengan garis tengah yang tidaklah terlalu besar terdapat menyatu dengan bangunan penting di ke empat sudutnya. Selintas terlihat seperti menara Masjid Biru di Istanbul, Turki.

Gabungan warna putih yang menguasai pada badan bangunan serta biru pada kubah, baik kubah utama ataupun kubah-kubah kecil sebagai aksen hias bangunan, membuat masjid berkesan bersahaja tetapi begitu indah. Skema pewarnaan dengan bentuk aksen pada kubah ini banyak didapati di masjid-masjid di Riau yang kental dengan nuansa Melayu.

Komponen hias di masjid dikuasai oleh style Arab serta Melayu. Kombinasi ini bisa disaksikan dari jumlahnya kaligrafi dengan motif serta beberapa warna cerah yang disebut keunikan ornament Melayu.

Masjid Istiqomah

Mendekati senja, situasi seputar masjid berasa demikian hidup dengan kegiatan warga Pulau Bengkalis. Mereka terlihat berlalu lalang di pertigaan jalan depan gerbang masjid atau sekedar duduk di teras, menanti waktu shalat Maghrib datang.

Sekitar lingkungan masjid dipenuhi dengan toko yang sisi atasnya jadikan tempat penangkaran walet. Cicit bising burung-burung walet ini makin meramaikan situasi di Masjid lstiqomah.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image