Masjid Islamic Center

Masjid Islamic Center

Dibangun oleh Muslim Champa di Amerika Serikat

Terusir dari kampung halaman serta dari tanah kelahiran, tidak mematikan sinar Islam dari muslim champa di Santa Ana, California, Amerika Serikat ini. Beberapa puluh tahun kemarin mereka serta keluarganya mengungsi ke Amerika Serikat untuk selamatkan diri serta sekarang komune muslim Champa ini masih menjaga ke-Islaman mereka serta lebih dari itu mereka dapat menebarkan sinar Islam pada komune masyarakat Amerika Latin yang tinggal di lingkungan mereka.

Sekarang satu Masjid serta Islamic Center telah berdiri menjadi pusat kegiatan ke-islaman mereka, bukan sekedar buat muslim Champa tetapi pun di pakai serta diurus bersama dengan sama juga dengan muslim Amerika Latin. Masjid serta Islamic Center ini pula sudah jadi rumah pemersatu buat Muslim Champa serta Muslim Amerika Latin sekaligus juga jadi masjid pertama di lokasi selatan California yang memakai Bahasa Spanyol (yang disebut Bahasa masyarakat Amerika Latin) menjadi satu diantara Bahasa pengantar di masjid mereka.

Riwayat Muslim Champa di Amerika

Di awalnya tahun 1980-an gelombang besar pengungsi Kamboja melarikan diri dari negara mereka ke Amerika Serikat untuk hindari apa yang dimaksud oleh dunia internasional menjadi “killing fields” atau ladang pembantaian, satu pembunuhan masal sangat menakutkan dalam riwayat Indocina yang dikerjakan oleh rezim komunis Khmer Merah pimpinan Pol Pot.

Beberapa dari mereka yang lalu hadir ke Orange County serta tinggal di lokasi Minnie Street di Santa Ana, California, tempati apartemen dengan sewa murah di lokasi itu. Di tahun 1982, lima dari pengungsi Kamboja ini membuat the Indo-Chinese Muslim Refugee Association of the United States (IMRA) dengan beberapa anggota yang lain.

Mereka menghimpun beberapa sumberdaya, menyewa satu apartemen kecil serta mulai pundak membahu menolong masyarakat muslim Kamboja yang lain yang tinggak di lokasi itu. Termasuk juga memberi pelatihan Bahasa inggris gratis, konsultasi gratis dan jadi penterjemah dadakan buat beberapa tetangga mereka yang tidak dapat berbahasa Inggris.

Di tahun 1983 mereka terima dana tunjangan untuk kali pertamanya sebesar $64,000 dari Kantor Federal Masalah Peletakan Pengungsi Amerika Serikat (Federal Office of Refugee Resettlement) untuk tunjangan kerja, serta program itu bersambung baik lingkup ataupun nilai nya.

Masjid Islamic Center

Bersamaan perjalanan waktu, keperluan komune juga lalu ditambah lagi ke program itu termasuk juga beberapa jenis type kursus, program setelah jam sekolah buat remajam pendidikan umur awal sampai ke akses kesehatan serta resolusi trauma.

Beberapa waktu berlalu instansi yang dibuat oleh muslim kamboja ini bukan saja semata-mata mata mengurus masyarakat Kamboja saj, tetapi pun merambah mengatasi pengungsi dari lokasi yang lain termasuk juga dari Vietbam, Laos, Iran, Iraq, Afganistan, Rusia, Ukraina, Bosnia, Ethiopia serta Somalia.

Organisasi ini merajut kerja sama serta sama-sama dengan beberapa client dan instansi lembaga berkaitan, semenjak mengawali kegiatan mereka di tahun 1983 sampai sekarang ini, instansi itu sudah mengatasi penyaluran dana lebih dari $20,000,000 baik dari individu ataupun dari public yang dipakai untuk menolong beberapa ribu pengungsi memperoleh pekerjaan, melakukan perbaikan skala mereka serta memperoleh kehidupan yang lebih baik termasuk juga program kesehatan, penambahan pengetahuan, potensi keluarga pengungsi.

Lima belas keluarga Muslim Kamboja di Santa Ana sebelumnya memakai satu ruang kecil di apartemen menjadi mushola di lingkungan apartemen sewaan rumah mereka. Komune muslim ini lalu dengan tentu selalu berkembang bersamaan dengan bergabungnya beberapa pengungsi Kamboja dari daerah yang lain geser ke Santa Ana agar hidup bersisihan dengan saudara sedaerah dengan Bahasa, suku, kebiasaan serta agama yang sama. Serta mushola kecil itupun telah tidak dapat mencukupi.