Masjid Islamic Center Prabumulih

Masjid Islamic Center Prabumulih

Pembangunan Masjid Islamic Center Prabumulih

Islamic Center Prabumulih mulai dibuat pada awal tahun 2010, serta memerlukan waktu lumayan lama sampai semua komplek ini usai dibuat keseluruhannya serta digunakan seperti harusnya. sampai bulan maret 2014 pemerintah kota prabumulih kembali lagi mengucurkan dana sejumlah Rp. 29,68 milyar untuk penuntasan pembangunan project itu yang dimenangi oleh PT. Cindo Kekal Perkasa (CAP) dengan tenggang waktu penuntasan semasa 10 Bulan, sedang faksi kontraktor memprediksi pekerjaan akan usai semasa enam bulan dengan 200 orang pekerja. Penuntasan project pembangunan Islamic Center ini bersamaan dengan pembangunan Pasar Tradisionil Modern serta Taman Kota Prabumulih.

Komplek Islamic center ini baru diserahterimakan dari faksi kontraktor ke pemerintah kota Prabumulih pada bulan Desember 2014. Dengan begitu baru pada awal tahun 2015 mulai dipakai. Islamic centre yang terdapat di Jalan Lingkar Prabumulih ini berhadap hadapan dengan SMAN 7 Kota Prabumulih. semua bangunan yang memakai ide Islami itu benar-benar sejuk dilihat mata. Ornament-ornamen timur tengah yang digabungkan pada tiap item bangunan.

Masjid Terbesar di Sumatera Selatan

Bangunan Masjid di Komplek Islamic Center ini adalah salah satunya mesjid paling besar serta terluas di Provinsi Sumatera Selatan. di komplek yang juga sama berkantor MUI serta Baznas kota Prabumulih sebelumnya setelah ada satu atap selain Masjid Nur Arafah. Berpindahnya kantor MUI serta Baznas ke Islamic Center ini mengingat kantor ke-2 instansi yang tidak wajar, disamping itu, diinginkan dengan ke-2 instansi itu geser ke sana bisa menolong dalam perawatan atau pengurusan Islamic Center.

Komplek ini diperlengkapi dengan bangunan aula yang lumayan besar untuk beberapa peranan umum serta sosial termasuk juga didalamnya dipakai oleh pemerintah kota untuk acara acara sah, sama seperti yang berlangsung pada bulan Januari 2015 waktu Walikota Prabumulih melantik beberapa petinggi dilingkungan pemerintah kota bertepatan dengan perubahan 800 PNS sekaligus juga di lingkungan pemerintahan kota itu.

Melihat tempat tempat dimana Islamic Center ini berdiri memang cukup unik. Entahlah sebab kebetulan atau memang diperkirakan oleh faksi Pemerintah kota Prabumulih, tempat tempat Islamic Center ini berdiri berdekatan dengan komplek Makam Tua yang dipercaya oleh warga ditempat untuk makam sesepuh nya kota Prabumulih, Komplek makam yang diketahui dengan nama Kramat Gunung Ibul. Nama yang sekarang jadi nama kelurahan sekaligus juga nama kecamatan tempat dimana Islamic Center ini ada.