Masjid Islamic Center Baturaja Kabupaten OKU Sumatera Selatan

Masjid Islamic Center Baturaja

Sekarang bersamaan dengan berjalannya waktu serta jaman yang makin berkembang beberapa bangunan kekinian serta menarik makin banyak didapati. Diantaranya ada di tiap kota besar serta jadi landmark tertentu untuk kota itu. Baturaja juga mempunyai satu bangunan yang mengagumkan serta begitu populer dari sana biasanya di Pulau Sumatera. Baturaja sendiri merupakan satu ibukota OKU (Ogan Komering Ulu). Baturaja ialah satu diantara kabupaten yang ada di Sumatera Selatan. Tidak hanya itu saja, Baturaja begitu populer akan dari hasil perusahaan dari sana yang menghasilkan semen serta namanya ialah Baturaja. Sedang nama dari OKU diambil dari dua nama sungai besar yang lewat serta mengalir disepanjang daerah itu. Sungai itu ialah Sungai Ogan serta Sungai Komering. Karena itu tidak bingung diberi nama Kabupaten Ogan Komering Ulu.

Baturaja tempatnya demikian strategis sebab ada di jalan lintas tengah Sumatera. Jalan itu tetap di lalui serta dipenuhi dengan beberapa jenis kendaraan pribadi serta kendaraan umum dan kendaraan transportasi yang lain ikut melalui serta penuhi jalan lintas itu. Sebab jalan itu merupakan jalan yang menyambungkan propinsi Lampung serta Sumatera Selatan. Selain itu disana ada satu bangunan yang demikian kekinian serta istimewa di tepian ruas jalan Lintas tengah Sumatera itu. Khususnya saat hari libur datang karena itu jalan itu lebih penuh serta ramai.

Islamic Centre Baturaja Kabupaten OKU

Bangunan yang istimewa serta kekinian itu bernama Masjid Islamic Center Baturaja. Tempatnya ada di atas bukit kecil ditengah-tengah kota Baturaja. Bangunan masjid Islamic Center Baturaja sekarang jadi satu simbol buat kota itu. Masjid dan Komplek Islamic Center Baturaja berdiri di atas tempat seluas 10 hektar dan diperlengkapi dengan beberapa fasilitas serta sarana. Bangunan istimewa itu dibuat cuma dalam kurun satu tahun serta membuahkan satu bangunan yang demikian mengundang perhatian siapa saja. Pertama-tama dibuat pada tahun 2007 lalu selesai di tahun 2008 serta diresmikan pada tanggal 26 Maret 2008. Peresmian masjid dan komplek Islamic Center Baturaja itu dikerjakan oleh Bupati Kabupaten OKU yang saat itu memegang ialah H. Eddy Yusuf SH, MM. Peresmian masjid itu didatangi oleh beberapa kelompok, ulama dan tokoh warga dan warga seputar yang begitu ketertarikan akan terdapatnya bangunan islam yang kekinian serta istimewa itu. selai itu, bekas Bupati OKU yakni Amiruddin Ibrahim ikut serta hadiri acara peresmian masjid Islamic Center Baturaja. Beliau ada di antara tengahnya beberapa undangan yang banyaknya sampai 6.000 jiwa.

Dengan dibuatnya satu Islamic Centre di Lokasi Baturaja, kabupaten OKU, tentunya pekerjaan keislaman di Kabupaten itu jadi makin aktif serta menarik. Ini bisa direalisasikan jadi satu refleksi keperluan hidup manusia dalam rencana tingkatkan kualitas hidup, sosial serta kepribadian warga sekelilingnya.

Arsitektur Masjid & Islamic Centre Baturaja Kabupaten OKU

Arsitektur Bangunan Masjid & Islamic Centre Baturaja ini mempunyai bangunan yang begitu istimewa, dengan design kombinasi di antara arsitektur kekinian, dengan arsitektural masjid di Timur Tengah. ciri-cirinya bisa diketemukan dari kubah masjid nya yang memiliki ukuran besar sekali berwarna biru laut, dengan hiasan 3 bola kecil pada bagian puncaknya.

Kubah Masjid Islamic Centre Baturaja Kabupaten OKU

Lalu, kubah kecil yang lain terdapat di sekeliling masjidnya, dengan hiasan 1 bola kecil pada bagian puncaknya. Masjid ini bisa dibuka lewat beberapa pintu utama, bangunannya dibikin dengan berongga-rongga seperti masjid-masjid timur tengah. Bentuk rongga semacam ini malah membuat ventilasi hawa jadi lebih terjamin, hingga jamaah masjidnya masih rasakan sejuk walau begitu lama di masjid.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image