Masjid Islamic Center Bangkinang

Masjid Islamic Center Bangkinang

Ikon Serambi Mekah Provinsi Riau

Masyarakat Kota Bangkinang yang terletak di Kabupaten Kampar, Provinsi Riau patut berbangga dengan kehadiran Masjid Al-Ikhsan di wilayahnya. Pasalnya, masjid yang terletak di kompleks Islamic Center ini merupakan ikon yang semakin memperkuat citra Kampar sebagai Serambi Mekah Riau.

Suasana religius memang sangat kuat di kabupaten yang juga berjuluk Bumi Sarimadu ini. Selain mayoritas penduduknya yang beragama Islam, simbolisasi keseharian penduduk pun mengingatkan pada suasana kota Mekah. Di kota ini, pakaian muslim menjadi busana sehari-hari.

Menempati areal seluas 1,5 hektar, bangunan masjid yang bergaya seni arsitektur Timur Tengah ini terlihat sangat megah dan indah dari berbagai sudut. Kubahnya yang berwarna keemasan menjadikan masjid ini sebagai pusat perhatian.

Posisi Islamic Center di jalan raya yang menghubungkan dua provinsi, Riau dan Sumatra Barat, membuat Masjid Al-lkhsan seakan-akan menjadi penyambut pendatang di Provinsi Riau.

Dominasi warna cokelat yang lembut di badan bangunan dan warna tembaga pada kubah yang berbentuk buah salak membuat masjid menjadi sangat indah dan terkesan ramah.

Kesan ini juga muncul dari penataan taman yang dilengkapi air mancur dan gazebo di sekitar masjid. Keberadaan Islamic Center dan Masjid Al-lkhsan, yang oleh sebagian masyarakat disebut Markaz Islami tersebut memang difungsikan juga sebagai taman kota. Keceriaan masyarakat Bangkinang menjadi pemandangan sehari-hari di sana.

Interior Masjid Islamic Center Bangkinang

Memasuki area masjid, setelah disapa oleh taman yang indah, pengunjung akan melewati satu koridor panjang dengan tiang-tiang batu sebelum memasuki pintu utama. Koridor ini menyimbolkan sebuah perjalanan panjang sebelum menuju hakikat Illahi.

masjid alikhsanMelewati pintu utama akan terlihat hamparan luas ruang utama masjid. Pandangan pun akan langsung mengarah ke bagian mihrab. Mihrab terletak sedikit lebih tinggi daripada lantai ruangan dan dilengkapi mimbar terbuka untuk tempat khatib berkhotbah.

Bagian dalam kubah yang berupa ceruk besar membuat suasana dalam masjid terasa sejuk dan megah. Empat buah tiang penyangga yang bergaris tengah cukup besar dengan aksen ukiran menambah nuansa mewah di ruang tersebut.

Secara keseluruhan, keindahan dan kemegahan yang ditampilkan, baik di bagian luar maupun dalam bangunan masjid, menjadikan masjid ini sangat layak dinobatkan sebagai salah satu destinasi wisata religi di Provinsi Riau.