Masjid Islah – Pengrajin Kubah Masjid Sumatera Barat

Masjid Islah Sumatera Barat

Masjid Islah ini terdapat di Desa Pariangan, Kecamatan Patar, Sumatra Barat. Masjid ini adalah satu diantara masjid bersejarah sebab ada di Luhak Nan Tuo (desa paling tua). Letaknya cukuplah strategis, kurang lebih 50 meter dari jalan penting Padang Panjang Batusangkar.

Dari sisi fisik, Masjid Islah ini telah alami 2x perbaikan, yang pertama tahun 1920 serta paling akhir tahun 1994, meskipun dikit berlainan dengan bangunan aslinya. Perbaikan itu dikerjakan atas swadaya murni penduduk, baik yang datang dari masyarakat desa ataupun dari beberapa perantau asal Desa Pariangan yang menyebar di beberapa daerah. Dana yang sukses dikumpulkan sebesar Rp 108 juta.

Masjid Islah Pariangan Sumatera Barat

Sebab letaknya yang cukuplah strategis, Masjid Islah tetap mengundang daya tarik wisatawan, baik domestik ataupun mancanegara yang membuat kunjungan wisata ke kota “budaya” Batusangkar. Sebab Desa Pariangan adalah desa paling tua di Luhak Nan Tuo yang banvak mempunyai nilai riwayat, di desa ini ada banyak diketemukan rumah-rumah beratap gonjong menjadi keunikan alam Minangkabau. Kehadiran Desa Pariangan ini pula diketemukan dalam tambo kebiasaan alam Minangkabau.

Riwayat Pembangunan Masjid Islah

Masjid Islah ini dahulunya dibuat oleh Syekh Burhanuddin, tokoh pengembang ajaran Islam di daerah Minangkabau, atas persetujuaan Tuangku Nan Barampek, yakni Tuangku Labai, Tuangku Katik Basa, Tuangku Aji Manan, serta Tuangku Kali Bandar, dengan beberapa tukang yang di pimpin Datuk Garang.

Masjid Islah ini memiliki ukuran 16 x 24 meter dengan empat buah tiang penyangga yang terbuat dari kayu andaleh, dimana empat buah tiang (tonggak) itu dijamin oleh empat tuangku itu dengan lebar 12 meter persegi dengan pucuk menara gonjong berupa teratai.

Kekhasan lainnya dari Masjid Islah ini ialah ada pancuran air angek “panas” yang datang dari Gunung Merapi untuk berwudhu serta mandi. Sebelum diperlengkapi dengan tempat berwudhu seperti saat ini, dahulunya adalah tapian mandi “tempat mandi” ninik mamak nan tujuah, yakni Dt. Suri Dirajo, Dt. Nan Capuak, Dt. Majo Empang, Dt Sinaro, Dt. Basa, Dt. Kayo, semasing anak kemenakan dari ninik mamak mesti mandi di tapian mandi yang mereka punya itu.

Serta, dipandang seperti “pembangkangan” atau membuat malu makak bila anak kemenakan Dt. Suri Dirajo contohnya, mandi di tapian Dt Sinaro, serta sebaliknya. Sedang, tempat mandian urang sumando lainnya juga tempatnya, dalam makna kata tidak jadi satu dengan ninik mamak.

Pancuran air angek itu sampai saat ini dipandang seperti air “mukjizat”, bukan saja buat penduduk yang tinggal di Tanah Datar, stapi pun buat penduduk Sumatra Barat, sebab dipandang bisa meng- obati penyakit gatal-gatal, kudis, panu, serta sakit lumpuh. Tetapi, sampai sejauh manakah keampuhannya, pasti mereka yang hadir itu sendirilah yang merasakan.

Oleh kerena itu, bila Anda sudah sempat berkunjung ke masjid ini untuk shalat, jangan sampai terburu-buru ambil air wudhu, sebab di samping pancuran air angek itu ada juga air biasa (tidak panas). Karena, jika tidak tahu ataukah tidak menanyakan dulu sebelum berwudhu, pasti muka kita akan kepanasan, karena bukan tidak mungkin air wudhu yang kita mengambil datang dari pancuran air angek itu.

Lalu, untuk meramaikan siar Islam, di samping digunakan untuk berjamaah serta wirid pengajian, di masjid ini pula dibangun TPA untuk mendidik generasi muda belajar Al-Qur’an.

Pengrajin Kubah Masjid Sumatera Barat

Kami Kontraktor Kubah Masjid berkonsentrasi di bagian produksi kubah masjid yang telah memiliki pengalaman dalam pembuatan kubah masjid. Beberapa bahan kubah masjid yang kami produksi seperti kubah masjid enamel dan kubah masjid galvalum, kami ikut memberi service konsultasi pada anda tentang pembuatan,pengiriman, layanan pemasangan. Kubah masjid yang kami produksi mempunyai bermacam warna,bermacam ornament serta design kubah masjid seperti keinginan anda. Kami memberi harga kubah masjid paling murah, terunggul, terjamin, amanah serta terpercaya. Keyakinan serta Kenikmatan anda ialah satu perihal yang terpenting buat kami, oleh karenanya kami begitu mengerti keperluan kubah masjid anda.