Masjid Hafiz Yusuf Yilmaz di Puncak Gunung Turki

Masjid Hafiz Yusuf Yilmaz

Bangunan masjid satu ini memang tidak biasa, bukan lantaran ukurannya yang fenomenal atau sebab usianya yang telah teramat tua, tetapi sebab terletak yang ada demikian tinggi di pucuk Gunung Kible di Distrik Rize, propinsi Güneysu, Turki. Gunung Kible sebagai nama gunung itu datang dari kata Kiblat, sebab memang tempat gunung ini yang memanjang menghadap ke Ka’bah di Kota Mekah. Ditambah dengan ketinggiannya yang sampai 1130 meter dari permukaan laut membuat kelihatan dari sisi mana saja di distrik Rize.

Distrik Rize adalah tempat kelahiran ayah dari presiden Turki sekarang ini, President Recep Tayyip Erdoğan. Masjid Kible pertama-tama dibuat di seputar era ke 19 memiliki bahan kayu, tetapi masjid itu terbakar di tahun 1960. Lalu satu masjid simpel memiliki bahan beton dibuat di tempat yang sama menukar masjid awalnya. Ditahun 2010 waktu Erdogan masih menjabat jadi Pertama Menteri Turki, beliau berkunjung ke masjid itu serta memerintah pada petinggi ditempat untuk membuat lagi serta meningkatkan masjid itu.

Masjid Hafiz Yusuf Yilmaz

Riwayat Pembangunan Masjid

Sebelum membuat masjid, pemerintah setempat terlebih dulu membuat jalan akses beraspal mulus ke arah ke masjid ini. Pembangunan Masjid diawali tahun 2013 dengan dana donasi dari entrepreneur ditempat. Perancangan masjid ini diatasi oleh Yusuf Yılmaz dengan mengikuti bangunan masjid bersejarah Şemsi Ahmet Paşa di lingkungan Uskudar, Istanbul. Beliau menjelaskan sepanjang proses pembangunan, Erdogan selalu ikuti perubahan pembangunan masjid ini termasuk juga ikuti dengan cermat proses penyelamatan dengan helikopter, tiga pekerja yang terjerat badai salju di tempat pembangunan masjid ini.

Masjid ini diresmikan oleh Presiden Erdogan di hari Jum’at 14 Agustus 2015 serta dinamakan Masjid Hacı Hafız Yusuf Yılmaz. Acara peresmian masjid ini diikuti dengan pengguntingan pita, penaman pohon serta pelesan burung merpati diteruskan dengan sholat Jum’at berjamaah dengan presiden Erdogan, anggota keluarganya dan barisan Kabinet yang menyertainya.

Masjid Hafiz Yusuf Yilmaz Turki

Bangunan Masjid ini memiliki ukuran 275 m² diperlengkapi dengan kubah besar setinggi 13 meter serta bangunan Menara setinggi 27 meter. Di sekitar masjid sudah dibuat jalan untuk pejalan kaki serta ruang piknik. ada ruang spesial untuk jamaah wanita seluas 45 m², disediakan ruang yang yang lumayan menarik serta tidak ada di semua masjid dan bangunan publik yang lain yaitu terdapatnya ruangan yang direncanakan spesial untuk ibu ibu yang bawa bayi.

Walau sudah diperlengkapi dengan jalan spesial pejalan kaki akan tetapi, tentunya tidak gampang buat beberapa pejalan kaki untuk sampai masjid ini, perlu ektra tenaga untuk sampai dari sana. akan tetapi, Gubernur ditempat, İhsan Selim Baydaş menjelaskan jika pemerintah ditempat sudah membangunan tempat itu sudah diperlengkapi dengan penginapan. Beliau memberikan tambahan jika bangunan masjid itu dibuat dengan material serta kualitas paling baik serta adalah satu maha karya yang wajar untuk didatangi.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image