Masjid Cordoba

Le Mezquita Cordoba atau Masjid Cordoba di Spanyol dapat jadi saksi kejayaan Islam di Eropa pada saat kemarin. Dibuat pertama-tama oleh Khalifah Muslim Abdurrahman I pada tahun 787 serta diteruskan oleh khalifah-khalifah setelah itu. Bangunan masjid ini sudah dikatakan menjadi salah satunya tempat peninggalan yang begitu bersejarah serta terpenting dalam dunia oleh UNESCO pada Desember 1994.

Masjid Cordoba mempunyai ruang dalam untuk sholat yang berupa persegi panjang yang dikelilingi oleh lapangan terbuka, seperti mode masjid-masjid peninggalan Umayyah serta Abbasiyah yang dibuat di Suriah serta Irak. Interior masjid ini berharga seni arsitektur yang tinggi. Didominasi oleh kaligrafi ayat-ayat Alquran di bagian dindingnya, masjid ini pula didukung oleh lebih dari 850 pilar yang kuat.

Dinding kiblat (mihrab) serta menara masjid ini dibuat semenjak era ke-10. Kombinasi tiang-tiang roman yang sudah dipakai ditambahkan tiang berupa sisi empat serta ditempatkan di tiang-tiang roman itu. Tiang penambahan berikut yang menyangga gerbang-gerbang bangunan serta jadi penopang atap-atap masjid.

Masjid Cordoba

Masjid Cordoba

Tiap-tiap gerbang yang berada di masjid ini ada batu-bata merah serta batu putih. Kombinasi unsur batu-batu itu terakhir banyak merubah arsitektur bangunan di Spanyol. Diluar itu, hiasan dinding masjid memiliki unsur flora, di samping tulisan ayat-ayat Alquran yang begitu detil berbentuk ukiran kapur, kaca, marmer, serta mozaik emas. Ukiran-ukiran yang sama ada pada mihrab tempat imam shalat.

Awalannya, bangunan masjid itu cuma memiliki ukuran 70 meter. persegi diatas tanah seluas 5.000 meter. yang berupa pelataran. Mempunyai 11 ruang besar. Masing-masing ruang dipisahkan 11 jejeran arcade yang atapnya memiliki lengkungan. Tiap-tiap jejeran memiliki 11 tiang kolom yang semasing ruang seakan-akan mempunyai 20 tiang kolom.

Dalam perubahannya, panjang Masjid Cordoba sampai 175 mtr., memanjang dari utara ke selatan, sedang lebarnya dari timur ke barat seluas 134 meter.. Tingginya sampai 20 meter.. Dengan seni arsitektur yang begitu indah, menara Masjid Cordoba sampai 40 yard. Kubahnya terdiri atas kayu berukir. Sesudah berulang-kali diperbaiki, jumlahnya tiangnya sampai 1.293 buah yang terbuat dari marmer.

Pada saat kejayaan Islam, kegiatan di masjid demikian meriah. Masjid Cordoba diterangi 4.700 lampu yang habiskan 11 ton minyak per tahun. Semuanya ada sembilan pintu yang terbuat dari tembaga kuning, terkecuali satu yang terbuat dari emas murni.

Copyright © 2018 Anugerah Kubah Indonesia
Hubungi Kami
WA
Pesan Segera
Telp