Masjid Baitul Hamd

Masjid Baitul Hamd

Sejarah Masjid Baitul Hamd

Bangunan itu dibeli di tahun 1999 oleh Trinity Klub House, selanjutnya dialih-fungsi untuk bangunan masjid. Hingga, bila disaksikan di luar, bangunan Masjid Baitul Hamd malah seperti terlihat bangunan gedung perkantoran. Sebagaian besar bangunan luar masih didiamkan asli, sedang sisi dalamnya di transformasikan jadi tempat beribadah.

Walau cuma berupa seperti satu gedung perkantoran, tetapi peletakan ruangan sholat untuk sholat jamaah wanita serta pria masih dipisah. Kecuali ambil peranan untuk tempat beribadah, rupanya bangunan Masjid Baitul Hamd ini mempunyai peranan lain seperti Perpustakaan Islam, Klinik Homeopathic, Kafetaria yang lumayan besar, dan dapur komersil.

Disamping itu, dibuat juga beberapa ruangan kantor, dan lapangan basket yang lumayan luas, dan lapangan voli. Hingga, dapat disebut komplek Masjid Baitul Hamd ini jadi salah satunya masjid di Kanada yang mempunyai feature terkomplet.

Gedung Masjid Baitul Hamd

Gedung ini sempat digunakan untuk Jamia Ahmadiyah (Sekolah Training Misionaris) untuk Amerika Utara dari tahun 2003 sampai 2010. Disamping itu, Masjid Baitul Hamd ini layani semua keperluan warga Mississauga sebab ada komplek pertokoan di seputar gedung itu.

Sepintas Mengenai Mississauga
Mississauga sebuah kota di Propinsi Ontario, Kanada. Terdapat di Ontario Selatan, persisnya di pinggir Danau Ontario di Kotamadya Wilayah Peel yang disebut sisi dari Greater Toronto Ruang, di samping barat Toronto.

Kota ini mempunyai populasi seputar 721.599 pada Sensus Masyarakat Kanada 2016. Tetapi kaum muslim yang tinggal di wilayah Mississauga memang minoritas saja, tetapi kerukunan umat berlagakma dari sana masih terikat dengan benar-benar baik.

Ahmadiyyah Di Kanada

Komune Muslim Ahmadiyah di Kanada mempunyai riwayat yang luamyan panjang. Seorang Ahmadiyah yang pertama-tama berkunjung ke negara itu ialah Tuan Karam Din, yang datang di Kanada di tahun 1923 untuk kerja. Selanjutnya, Ahmadiyah mulai banyak yang datang dari beberapa penjuru dunia, khususnya dari Pakistan. Di saat itu, Pemerintah Pakistan keluarkan perintah larangan keras pada saluran Ahmadiyyah, sebab dipandang benar-benar meleset dari tatanan ajaran Islam yang resmi. Mereka di tuding bertambah mengistimewakan pendiri Ahmadiyyah, dibanding Nabi Muhammad SAW. Hal itu dipandang salah oleh Pemerintah Pakistan serta otomatis Kewenangan pemerintah “menyingkirkan” mereka dari Pakistan.

Lalu, di tahun 1996, Komune Ahmadiyah pertama di Kanada mulai tercipta serta disadari dengan cara sah oleh pemerintah Ontario yang diketahui untuk “Ahmadiyya Movement In Islam”. Selanjutnya, misionaris pertama yang ditugaskan ke Kanada ialah Maulana Syed Mansoor Bashir Sahib.