Masjid Babussalam Islamic Center Kabupaten Muara Enim

Masjid Babussalam Islamic Center

Sumatera Selatan sekarang jadi makin maju sebab banyak beberapa bangunan yang demikian menarik serta indah. Diantaranya ialah Muara Enim yang disebut satu satu diantara kabupaten di Sumatera Selatan. Awalnya, Muara Enim bernama Kabupaten Liot yang mempunyai kepanjangan dari Kabupaten Lematang Ilir Ogan Tengah. Nama dari Lematang serta Ogan ialah nama sungai yang mengalir di daerah itu. Tetapi lalu namanya ditukar jadi muara Enim ikuti nama ibukota Kabupaten yang ada di Kecamatan Muara Enim.

Di Muara Enim ada satu bangunan masjid yang berdiri demikian istimewa di antara beberapa bangunan yang lain. Tempatnya ada di Jalan Mayjen Tji Agus Kiemas, S.H – Lintas Kepur, Muara Lawai, Kabupaten Muara Enim Sumatera Selatan. Bangunan masjid itu bernama Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim. Masjid itu adalah masjid Agung yang dimiliki oleh Muara Enim. Warga seputar umumnya menyebutkan nama masjid itu dengan masjid Babussalam Islamic Center.

Masjid Babussalam Islamic Center Muara Enim

Riwayat Pemugaran Masjid Babussalam Islamic Center

Sesudah berdiri, bangunan Masjid Babussalam Islamic Center diresmikan pada tahun 2008. Masjid itu sempat juga alami perbaikan untuk memperluas bangunannya pada tahun 2014 kemarin. Dalam proses perbaikan masjid Babussalam Islamic Center, dibantu oleh PT. Bukit Asam dalam pemberian dana pembangunan itu. Sebelum diperbaiki, dikerjakan penempatan batu pertama sekaligus juga sebagai penandatanganan MOU antara Kabupaten Muara Enim dengan PT. Bukit Asam (Persero) Tbk. Perusahaan itu memberi sana sebesar Rp. 9,2 miliar untuk pembangunan pelebaran masjid Babussalam Islamic Center. Penandatanganan itu dikerjakan oleh Bupati Muara Enim yang saat itu menjabat ialah Muzakir Sai Sohar dan Direktur Umum serta SDM PTBA Maizal Ghazali. Penandatanganan itu dilihat oleh Wakil gubernur Sumatera Selatan yang saat itu yang menjabat ialah Ishak Mekki.

Masjid Babussalam Islamic Center tidak cuma digunakan untuk tempat melaksanakan ibadah saja tetapi berperan jadi pusat peningkatan islam Kabupaten Muara Enim. Tetapi sebelumnya, bangunan masjid itu jadi Masjid Agung Raya. Hal tersebut karena memang manfaatnya jadi masjid Agung Kabupaten.

Kegiatan Masjid Babussalam Islamic Center

Di Islamic Center Muara Enim mempunyai beberapa jenis kegiatan dan sarana yang lain yang mendukung. Dari sana ada empat bagian kegiatan yang terbagi dalam pembinaan umat, pendidikan serta latihan, seni budaya islam dan ekonomi umat. Masjid Babussalam Islamic Center yang disebut bangunan utama, disana diperlengkapi oleh sarana pendidikan agama islam dan asrama. Komplek Islamic Center Muara Enim begitu indah dan luas. Ditambah lagi terdapatnya pekarangan dan tamannya yang demikian luas serta indah membuat komplek itu berkesan istimewa. Disepanjang jalan yang disebut akses ke arah masjid itu juga diperlengkapi oleh jejeran lampu hias disamping kanan serta kiri yang demikian cantik. Adanya lampu hias itu sekaligus juga jadi panduan mengarah masjid Babussalam Islamic Center. Sebab tidak cuma disiang hari masjid dan komplek itu dipenuhi dengan beberapa jamaah serta pengunjung, saat malam hari juga di masjid itu tetap ramai.

Dilihat dari sisi bangunannya, Masjid Babussalam Islamic Center berkesan istimewa diperlengkapi dengan keempat menaranya yang menjulang tinggi. Ditambah lagi kubah besar ada di pusat sisi atap masjid dengan warna yang demikian menarik gabungan dari warna coklat, kuning serta putih. Pada kubah itu ada garis geometris yang makin kelihatan memikat. Meski begitu, sebetulnya bangunan masjid itu begitu simpel. Saat masuk masjid juga disana berkesan simpel serta tidak terlalu dipenuhi dengan beberapa hiasan ornament.