Masjid Babul Hasanah

Masjid Babul Hasanah

Rehabilitasi Masjid Babul Hasanah

Semenjak dibuat pertama-tama, bangunan Masjid Babul Hasanah telah alami 2 kali rehabilitasi atau perbaikan fisik bangunannya. Rehab pertama-tama dilaksanakan di tahun 1958, serta Rehab ke-2 dilaksanakan di tahun 1996.

Sekarang ini, bangunan Masjid Babul Hasanah yang dibuat berbahan baku kayu telah mulai lapuk serta keropos. Karenanya, hampir keseluruhannya ditukar dengan kayu lokal, atau diperkokoh dengan beberapa bahan yang lain. Bangunan Masjid Babul Hasanah berdiri kuat sampai sekarang serta mempunyai luas 12 x 12 mtr. persegi.

Sisi yang dibuat dari kayu yang masih tetap bertahan sampai sekarang ialah sisi Dasar masjidnya yang dibuat dari Kayu Ulin (Warga ditempat mengatakan untuk Kayu Berlian atau Kayu Besi). Sedang sisi bangunan yang lain seperti tiang penunjang, susunan atap, dan lain-lain telah keropos serta ditukar selurunya.

Bangunan Tua  Masjid Babul Hasanah

Masjid Babul Hasanah sekarang ini sudah nampak cukup tua, dengan bangunan yang banyak yang tidak tertangani. Walau demikian, riwayat yang dikandungnya cukup panjang, hingga dapat disebut keelokan bukan terdapat pada bangunan masjidnya, namun pada sejarahnya.

Untuk bangunan masjidnya memang lumayan sederhana, dengan atap limas serta pada bagian puncaknya diberi satu kubah dari pengaturan batu bata yang juga berusia beberapa puluh tahun. Seperti kubah-kubah masjid di Kalimantan yang telah berusia tua, bangunan kubah dibikin lumayan tinggi, dengan leher kubah yang memanjang.

Untuk tempat wudhu ditempatkan terpisah di samping utara, terpisah dengan bangunan penting. Bangunan yang bisa kita melihat sekarang ini mempunyai beberapa tiang penyangga dbagian depan dengan lengkungan yang dibuat seperti kubah. Antara tiang-tiang itu diberi pintu gerbang yang dibuat dari teralis besi.

Masuk ke masjid, kita akan lihat situasi kuno serta classic, hingga kita tidak dapat mengharap mendapatkan situasi kemewahan. Tidak nampak ornament-ornamen seperti kaligrafi yang memikat, serta cuma beberapa lafadz kaligrafi simpel yang nampak menghiasi ruangnya.