Masjid At-taqwa Cikarang

Masjid At-taqwa Cikarang

Pembangunan Masjid At-Taqwa

Berdasar batu prasasti pembangunan masjid yang terpasang di tembok sisi luar tempat wudhlu wanita, masjid At-Taqwa & Pendopo Kantor Pertanahan Kabupaten Bekasi ini diresmikan pemakaiannya pada tanggal 2 Desember 1999 bersamaan dengan tanggal 25 Sya’ban 1420 Hijriah oleh Prof. Dr. Ir. H.M. NAD DARGA TALKURPUTRA atas nama Kepala Tubuh Pertanahan Nasional, dengan Bupati Kabupaten Bekasi H. WIKANDA DARMAWIJAYA serta Kepala Kantor Daerah Tubuh Pertanahan Nasional Provinsi Jawa Barat, Ir. MASRI ASYIK.

Arsitektur Masjid At-Taqwa

Bangunan penting masjid At-Taqwa ini sebetulnya tidak begitu besar, cuma satu lantai diperlengkapi dengan lantai mezanin spesial untuk jemaah wanita. Tetapi kemampuan masjid ini bisa memuat jamaah berkali kali lipat dari kemampuan aslinya sebab diperlengkapi dengan bangunan pendopo dengan ukuran sedikit semakin besar dari bangunan masjidnya sendiri.
Serta ditambah dengan lantai fundamen gedung BPN sayap timur serta sayap selatan. Membuat masjid ini mempunyai daya tampung yang lumayan besar untuk menampung jemaah sholat jum’at buat karyawan perusahaan perusahaan di teritori seputar dan penghuni perumahan yang berlagakma Islam.

Pada hari Jum’at, untuk memuat jemaah, takmir masjid serta mengadakan tempat penambahan di area parkir yang telah dikasih atap permanen disamping barat masjid. Bangunan tempat parkir ini juga lumayan luas, sesuai dengan luas keseluruhnya bangunan masjid ditambah lagi pendoponya.

Situasi dimasjid ini cukup menentramkan, jauh dari berisik jalan raya serta keramaian, walau terletak cuma “sepelemparan batu” dari Mall Lippo Cikarang. Situasinya ditingkahi oleh gemercik air dari dua pancuran di kolam ikan kecil di seputar masjid.

Lantunan azan serta merdunya alunan bacaan ayat Al-qur’an dari Imam Masjid At-Taqwa ini meningkatkan kerasan sholat di masjid hanya satu di teritori Lippo Cikarang ini.