Masjid Arrahmah – Masjid Terapung di Saudi Arabia

Masjid Arrahmah – Masjid Terapung Laut Merah

Masjid yang dinamakan “Arrahmah” ini termasuk jadi satu diantara masjid yang paling popular di Saudi Arabia, khususnya di Kota Jeddah buat beberapa pelancong, jamaah haji ataupun umroh, bahkan seringkali didatangi oleh beberapa pelancong non-muslim, walau tidak bisa masuk ke masjid.

Masjid Arrahmah atau biasa diketahui dengan “Masjid Terapung Laut Merah” jadi satu diantara tujuan yang dimasukkan di dalam paket Haji serta Umroh. Tetapi, tetap harus jika Masjid ini cuma hanya wisata saja sebab memang tidak ada jalinan dengan Haji serta Umroh dengan spesial. Jadi dengan jelas jika memang masjid ini dimasukkan pada paket Haji serta Umroh hanya untuk tempat wisata saja sebab kekhasan tempatnya yang ada diatas laut merah.

Sebelumnya masjid ini diberi nama dengan “Masjid Fatimah”, tetapi banyak yang lalu memandang masjid ini jadi masjid “Fatimah Az-zahra” yang diutamakan untuk kembali kenang putri Rasulullah SAW. Sebab salah paham pemahaman itu, pada akhirnya pemerintah Saudi Arabia dengan menyengaja mengubah nama masjid itu jadi “Masjid Arrahmah” supaya tidak lagi ada salah paham mengenai asal mula masjid ini.

Masjid Terapung Arrahmah

Masjid ini terdapat di Kota Jeddah, Negara Arab Saudi, persisnya di Jalan Corniche, Al-Shati Jeddah. Lokasi yang jadikan tempat berdirinya masjid ini ialah “Jeddah Corniche” atau “Jeddah Kurnis” yakni satu lokasi yang baru di kembangkan oleh pemerintah ditempat jadi obyek wisata spesial yang berada selama pantai laut merah. Laut merah memang sempat diceritakan dalam Al-Qur’an yakni perburuan Fir’aun pada Nabi Musa A.S pada saat itu. Dengan cerita yang begitu melegenda, tentunya tujuan wisata yang ditempatkan di wilayah itu bisa menjadi lebih ramai.

Infrastruktur Modern Masjid Terapung Arrahmah

Kota Jeddah adalah satu kota metropolitan yang begitu modern, tidaklah heran bila tata bangunan dan semua infrastrukturnya demikian modern. Masjid Terapung Arrahmah ini adalah satu diantara bukti jika Kota Jeddah adalah kota yang brilian dalam bagian pembangunan serta infrastruktur kota.

Sayangnya, semua detil mengenai Masjid Arrahmah ini tidak lengkap, berarti siapa yang membuat, kapan dibuat, berapakah biaya yang dihabiskan serta detil yang lain hampir tidak ada benar-benar di rujukan. Tetapi, ada satu vs yang menjelaskan jika Masjid ini dibuat oleh seseorang Janda Kaya di Kota Jeddah. Tetap harus nama janda itu pun tidak ada yang tahu sampai sekarang ini, satu hal yang tentu ialah Ide untuk bikin Masjid terapung di atas pantai telah diadopsi oleh beberapa negara dunia termasuk juga Indonesia. Di Indonesia ada pula beberapa Masjid Terapung, seperti Masjid Munawaroh Ternate, Masjid Terapung Kota Palu, dan Masjid Terapung Makassar, dan ada banyak yang lain.

Masjid Arrahmah

Ada kekhasan yang terjadi pada masjid ini yakni terdapatnya larangan keras untuk membuat sholat berjamaah dengan kelompok-kelompok. Berarti, cuma 1 grup jamaah saja yang diijinkan untuk lakukan sholat jamaah. Bila grup lain hadir, karena itu harus menanti grup yang telah lakukan sholat supaya mengakhiri ibadahnya. Ini ditujukan supaya tidak berlangsung kekacauan saat sholat, sebab memang jamaah Haji serta Umroh yang hadir ke masjid ini pun tidak sedikit.

Daya tarik yang dipunyai Masjid Terapung Arrahmah ini banyak sekali, dengan bangunan memiliki ukuran 20 x 30 meter, dihiasi penuh oleh kaligrafi ciri khas Saudi Arabia. Masjid ini menyatukan keseluruhan arsitektur bangunan classic dengan bangunan modern, hingga terbentuk satu serasi yang demikian kental. Tidak hanya bangunan masjidnya yang begitu indah, tujuan wisata laut merah makin meningkatkan puasnya mata beberapa pengunjung.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image