Masjid Amru Bin Ash – Kairo Mesir

Masjid Amru Bin Ash

Kairo ialah satu kota yang begitu populer di dunia. Tidak cuma diketahui menjadi ota dengan seribu menara, di ota ini pula adalah pilihan dari beberapa mahasiswa yang meneruskan pendidikannya. Bahkan juga tidak dikit dari mahasiswa Indonesia menyengaja pilih Kairo untuk belajar. Kota yang sangatlah tua ini tidak bingung mempunyai beberapa bangunan masjid yang begitu megah dibarengi menaranya yang menjulang tinggi. Satu diantara masjid yang populer sebab usianya yang sangatlah tua serta mempunyai satu riwayat ialah masjid Amru Bin Ash.

Sesuai nama sang pendiri masjid yakni Amru Bin Ash masjid ini begitu popular di kota Kairo sampai ke semua lokasi Mesir. Amru Bin Ash sendiri ialah seseorang teman dekat Rasulullah SAW juga seseorang panglima perang Islam yang sudah lakukan pembebasan serta penakluk Mesir dari kekuasaan Kekaisaran Romawi. Sebab sudah berjasa untuk Mesir jadi Khalifah Umar Bin Khatab pilih serta mengusung beliau menjadi Gubernur Mesir. Saat pemerintahaannya, Amru Bin Ash sangat berjasa dalam pembangunan beberapa masjid di mesir. Tidak hanya masjid Amru Bin Ash, beliau pula bangun masjid Atiq, masjid Pakar Arrayah dan masjid Tajul Jawami’.

Masjid Amru Bin Ash mulai dibuat pada tahun 641 M serta usai satu tahun lalu. Tidak mengherankan masjid itu sangatlah tua. Tetapi, bangunan masjid yang ada sekarang ini bukan bangunan masjid Amru Ash yang sebetulnya pada awal pembangunan. Walau bukan bangunan asli, tetapi masjid Amru Bin Ash mempunyai riwayat yang penting.

masjid amru bin ash kairo mesir

Masjid Amru Bin Ash juga dikenal oleh beberapa sejarawan dengan julukan “Mahkotanya Masjid”. Dimaksud demikian konon masjid ini mempunyai design yang begitu menarik. Saat proses pembangunan masjid Amru Bin Ash disebutkan jika keponakan dari Wali Mesir pada saat kekuasaan Romawi yakni Al-Muqawqis turut terlibat dalam membuat bangunan masjid itu. Beliau pula didapati sudah memeluk agama islam.

Sebelumnya Amru Bin Ash bersama pasukannya membangun satu tenda komando di awasan Fusthath. Saat itu pula konon ada burung dara liar yang bersarang serta bertelur di tenda beliau. Sesudah menaklukanMesir, Amru Bin Ash memperoleh perintah untuk membangun satu pusat pemerintahan baru. Lantas Amru Bin Ash pilih tempat di mana beliau membangun tendanya yang dinamakan Misri Al-Fustat dan dari sana pula beliau membangun masjid Amru Bin Ash.

Arsitektur Masjid Amru Bin Ash

Dilihat dari arsitektur Masjid Amru Bin Ash, masjid ini seperti dalam dengan berbagai masjid kuno yang berada di Mesir. Dengan denahnya yang berdenah empat persegi panjang dibarengi halamannya yang luas tetapi tidak beratap dengan lantai terbuat dari marmer. Perihal yang menarik dari masjid ini ialah ada satu kubah bertiang delapan yang pas ada di dalam halam masjid umumnya disiapkan air dipakai beberapa jamaah untuk diminum sebab air itu begitu fresh serta dingin.

interior masjid amru bin ash

Bangunan masjid Amru Bin Ash tidak seperti beberapa bangunan masjid Turki Usmani yang populer megah serta elegan. Masjid Amru Bin Ash adalah bangunan besar dengan dindingnya tembok massif dengan atapnya yang datar. Di bagian jendela masjid dibikin besar sekali serta cukuplah tinggi. Selintas bila dilihat dari terlalu jauh, Masjid Amru Bin Ash seperti satu bangunan benteng sebab tembok luar masjid tinggi sekali. Walau di bagian jendelanya tidak diperlengkapi dengan daun pintu, tapi dari sana ada satu ukiran kerawang dengan skema simetris yang begitu menarik.