Masjid Al-Ittihad

Masjid Al-Ittihad

Masjid Al-Ittihad

Merupakan sebuah masjid yang terdapat di kelurahan Bojong Pondok Terong Kecamatan Cipayung, Kota Depok Jawa Barat. Masjid ini berdiri kokoh sebagai sejarah Kota Depok disaat berada pada masa penjajahan Belanda.

Masjid ini dibangun pertama kali pada tahun 1891 yang dipelopori oleh Haji Ketong. Bentuk dari bangunan Masjid Al-Ittihad ini hampir mirip dengan Rumah Panggung yang berdiri disebuah bidang tanah seluas 1400 m2. Pada setiap kakinya terdapat umpak yang terbuat dari batu setinggi 50cm.

Renovasi Masjid Al-Ittihad

Seiring berjalannya waktu, pengurus masjid ini merencanakan untuk merenovasi bangunan masjid yang awalnya dari bambu menjadi sebuah bangunan berbahan tembok agar lebih kokoh. Dalam renovasi ini masjid akan diperluas hingga 1000m2 dan sisanya 400m2 tersebut akan digunakan sebagai makam.

Dalam pembangunan masjid Al-Itihad ini akan dilakukan secara bertahap oleh para Penerus Haji Ketong. Sejak 2016 silam, Rhokib yang merupakan keturunan kelima Haji Ketong sudah melakukan renovasi total terhadap Masjid Al-Ittihad.

Anggaran dari renovasi masjid ini mencapai 3,5 milyar, hingga saat ini masih berlangsung renovasi masjid Al-Ittihad. Karena pembangunannya yang bertahap, sampai saat ini sudah menghabiskan dana 2,7 milyar, dan semua dana itu merupakan swadaya dari masyarakat.

Masjid ini berada di kawasan padat penduduk, jaraknya sekitar lima kilometer dari Jalan Raya Sawangan. Bangunan Masjid ini terlihat megah dengan Eksterior yang didominasi dengan warna hijau yang eksklusif.