Masjid Al-Azhar

Sejarah Masjid Al-Azhar

Sajadah merah yang tebal serta empuk, lantunan bacaan ayat suci dari imam yang merdu serta mendayu, ditambah lagi situasi di masjid yang dingin ayem, sejuk serta tenang, adalah kelebihan masjid satu ini. Aroma harum dari wangi-wangian yang disemprotkan ke sajadah tercium kuat di masjid. Atap masjid dibuat demikian tinggi sangat mungkin perputaran hawa berjalan mulus.

Arsitektur Masjid Al-Azhar

Masjid Al-Azhar Jakapermai ini mempunyai keserupaan dengan Sultan Salahudin Abdul Aziz di Shah Alam, Selangor, Malaysia, kubah serta Menara masjid ini kelihatan dengan jelas dari ruas tol Jakarta-Cikampek di seputar Bekasi Barat. Sedang mimbar nya memiliki ukuran besar sekali dibanding ukuran normal mimbar mimbar masjid di tanah air, serupa dengan mimbar masjid-masjid di Timur Tengah/Turki.

Masjid ini diurus oleh Yayasan Waqaf Al Muhajirin Jakapermai, yang sebagai pengelola sekolah-sekolah Islam Al-Azhar yang dibuat di ruang itu. Tempat untuk masjid ini telah didapat semenjak tahun 1980 bersama surat surat perizinan yang dibutuhkan dan dana pembangunan yang berangsur angsur terkumpul.

Pembangunan Masjid Al-Azhar

Masjid Al-Azhar

Sebelumnya direncanakan, pembangunan usai akhir tahun 2000, dengan prediksi cost seputar Rp. 3 milyar, akan tetapi sampai tahun 2010 bangunan masjid belum terjadi, tetapi waktu itu Yayasan sudah sukses membuat serta mengurus sekolah Taman Kanak Kanak yang sekarang ada disamping masjid.

Pengurus Yayasan periode ke lima (1998-2001) berkemauan meneruskan pembangunan. Pekerjaan diawali pada permulaan agustus 1998, dengan menggunakan bangunan yang masih tetap berupa kerangka beton menjadi tempat melaksanakan ibadah serta pekerjaan yang lain.

Dari sinilah pekerjaan penyelesaian pembangunan masjid diawali kembali serta selalu berjalan sampai saat ini. Menurut prasasti yang berada di sana, masjid ini diresmikan pada 09 Agustus 2006 oleh Wakil presiden RI saat itu, Jusuf Saat.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image