Masjid Agung Trans Studio Bandung

Masjid Agung Trans Studio

Bangunan Masjid Agung Trans Studio Bandung telah terinspirasi oleh rancangan masjid Nabawi yang berada di Madinah. Dominasi warna yang dihadirkan dibagian eksterior masjid ini ialah warna coklat, putih dan emas. Luas bangunan masjid ini kurang lebih 1800 m² dan terdiri atas dua lantai, yakni lantai dasar dengan mezanine. Masjid ini juga mampu menampung jamaah hingga 2000 jamaah. Sementara di area basement, juga ada Ballroom IBIS hotel Trans Studio Bandung, yang memiliki luas area sekitar 1200m². Ruangan ini bisa digunakan untuk banyak acara seperti resepsi, meeting serta buka puasa bersama.

Jika anda lihat dari sisi luar bangunan masjid ini, akan ada ornament berupa marmer putih serta granite warna coklat, abu-abu maupun hitam. Khususnya di bagian lengkungan masing-masing jendela yang mirip dengan lengkungan jendela bangunan masjid Nabawi. Apalagi pembuatan masjid ini juga sama-sama menggunakan marmer putih berkualitas sama dengan marmer Masjid Nabawi.

Bangunan Kubah Masjid Agung Trans Studio

Sementara bangunan kubah masjid ini terdiri atas 5 buah kubah yang di cat warna perak dan juga emas. Untuk kubah induknya dicat warna emas, ditambah adanya lapisan emas murni selanjutnya dilapisi kembali oleh ornament kaca atau (mozaik). Sedangkan bagian makara yakni ujung kubah teratas dibuat dari material kuningan yang telah dilapis juga dengan emas murni.

Bagian interior kubah masjid telah dihiasi kaligrafi yang menuliskan potongan ayat suci al qur’an yang akan menambah keindahan interior kubah masjid ini. Nuansa keemasan yang sangat kental juga bisa anda jumpai dibagian interior masjid khususnya dibagian depan masjid atau area mimbar. Sementara sebelah kanan ataupun kiri mimbar juga telah dihiasi dengan kaligrafi bertuliskan Asmaul Husna yang diberi warna keemasan pula. Pada interior masjid juga tersedia lampu gantung sebagai hiasan yang berwarna emas dengan tiga tingkatan yang memiliki berat mencapai 2,8 ton terlihat sangat indah dan megah. Ini semua menjadikan masjid ini sebagai salah satu masjid terindah yang ada di Indonesia.

Bagian lantai dasar masjid juga digunakan untuk tempat sholat utama. Sementara untuk lantai mezanine difungsikan sebagai tempat ibadah shalat yang kedua. Untuk lantai yang selanjutnya berupa lantai basement bisa digunakan sebagai ruangan serbaguna yang bisa dimanfaatkan untuk acara apapun.

Arsitektur Bangunan Masjid

Sementara untuk struktur bangunan masjid bagian bawahnya atau pondasi berupa material beton sebagai dinding penahan tanah beton. Struktur bangunan bagian atas masjid untuk balok dan juga plat lantainya juga menggunakan bahan dari beton. Struktur bangunan kubahnya juga menggunakan bahan material dari beton. Interior masjid ini menggunakan struktur bangunan dari bahan marmer, gypsum, kuningan, fibros, dan juga metal. Namun bangunan kubahnya juga dilengkapi oleh mozaik dibagian dalamnya.

Bahan kubah dari beton memang memiliki kekuatan tekan yang lebih tinggi dibanding dengan bahan kubah lainnya. Material beton bertulang memiliki ketahanan yang sangat tinggi baik terhadap api maupun air. Apalagi bahan struktur ini juga termasuk bahan terbaik untuk sebuah bangunan yang sering bersentuhan dengan air. Selain itu, pada peristiwa kebakaran yang memiliki intensitas rata-rata, maka batang-batang struktur pada ketebalan penutup beton memadai untuk pelindung tulang cuma akan mengalami kerusakan di permukaannya saja dan tidak akan mengalami keruntuhan.

Banyak juga bangunan masjid yang menggunakan material beton untuk kubahnya termasuk masjid Agung Trans Studio Bandung. Sehingga bagi anda yang akan membangun masjid dan ingin memilih bahan material yang cocok untuk bangunan masjid anda, bisa menggunakan material beton ini.