Masjid Agung Sholihin Kayu Agung

Masjid Agung Sholihin Kayu Agung

Dibukanya Masjid Agung Sholihin Kayu Agung

Saat dibukanya kembali lagi tempat beribadah di daerah Kabupaten Ogan Komering Ilir (OKI), Sumatera Selatan (Sumsel) waktu lalu, Jumat (05/06) siang beberapa masjid di Kabupaten ini kembali lagi melakukan beribadah solat Jumat dengan cara berjamaah.

Salah satunya masjid yang sudah mengundang jemaah untuk melakukan solat Jumat ialah Masjid Agung yang terletak tidak jauh dari Rumah Dinas Bupati OKI di Kayuagung. Pengamatan di atas lapangan, sebelum diadakan solat Jumat pengurus masjid sudah mempersiapkan beberapa hal dalam rencana patuhi prosedur kesehatan untuk menahan penyebaran COVID-19 dari mulai mengidentifikasi jarak antar jemaah, menyiapkan alat ukur temperatur badan serta yang lain.

Begitu juga jemaah yang tiba ke masjid itu, mereka solid patuhi prosedur ini ibarat bawa sajadah sendiri serta memakai masker. Datang di masjid, jemaah dicheck temperatur badannya serta setelah itu ditujukan untuk tempati tempat duduk.

Di masjid, jemaah dikasih jarak seputar satu meter. Masjid yang sebenarnya dapat memuat seribuan jemaah, sekarang terisi seputar 40 % saja dari kemampuan awalannya. Sesudah usai sholat, mereka pun tidak salam-salaman untuk jaga jarak atau physical distancing.

Bupati Ogan Komering Ilir

Bupati Ogan Komering Ilir, H Iskandar SE yang ikut melakukan solat Jumat di masjid ini mengutarakan perasaan sukurnya sebab bisa kembali lagi melakukan solat Jumat di masjid sesudah hampir tiga bulan paling akhir pelaksanaaan pekerjaan keagamaan dengan cara berjemaah di beberapa tempat beribadah diarahkan di dalam rumah

“Alhamdulilah, berasa khusuk serta damai sholat berjemaah di masjid sesudah hampir tiga bulan kita melaksanakan ibadah di dalam rumah,” papar Iskandar.

Setelah itu, menurutnya ialah supaya selekasnya memakmurkan kembali lagi masjid-masjid dengan pekerjaan keagamaan.

Dalam tempat yang sama, Imam Masjid Agung Kayuagung, Ustadz Abdurrahim Alhafidz yang dalam peluang itu jadi khatib sampaikan kaum muslim untuk menyukuri peluang dapat kembali lagi melakukan beribadah dengan cara berjemaah di masjid-masjid dengan patuhi anjuran pemerintah. Menurut dia, ini pantas disyukuri.

“Nikmat paling besar dari Allah ialah nikmat iman, nikmat saat kita masih dikasih peluang datangi masjid-masjid NYA untuk sujud serta melaksanakan ibadah” katanya. Kita kunjungi masjid, bersujud serta berdoa mudah-mudahan epidemi ini diambil dari bumi Allah,” tuturnya. (rif)