Masjid Agung Sholihin Kayu Agung Sumatera Selatan

Masjid Agung Sholihin Kayu Agung

Masjid Agung Sholihin Kayu Agung adalah masjid agung kabupaten Ogan Komering Ilir, provinsi Sumatera Selatan. Masjid ini berada di Kelurahan Sidakarsa, Kecamatan Kayu Agung ibukota Kabupaten Ogan Komering Ilir. Lokasi masjid ini persis bersebelahan dengan pendopo kabupaten sekaligus kediaman atau rumah dinas Bupati Kabupaten Ogan Komering Ilir.

Lokasi masjid ini juga berada ditepian sungai komering yang melintasi kota Kayu Agung, sebuah taman dibangun di tepi sungai ini tak jauh dari masjid dan dikenal masyarakat setempat dengan sebutan Taman Love yang menjadi tempat pavorit warga di senja hari termasuk menunggu waktu berbuka puasa.

Merujuk kepada data kementrian agama, masjid Agung Solihin Kayu Agung ini dibangun tahun 1948, diatas lahan wakaf seluas 1000 meter persegi dengan luas bangunan 500 meter persegi dan terdaftar dengan nomor induk masjid 01.2.06.02.04.000003.

Masjid Agung Solihin merupakan masjid terbesar di Kayu Agung sekaligus menjadi pusat aktivitas Ke-Islaman tingkat kabupaten Ogan Komering Ilir. Selama bulan suci Romadhon masjid ini begitu meriah dengan beragam aktivitas ummat.

Masjid Agung Sholihin Kayu Agung

Sholat Tarawih di masjid ini digelar 23 roka’at dan biasanya satu malam bacaan imamnya menghabiskan satu juz hafalan Al-Qur’an. Sedangkan untuk sholat Jum’at,dimasjid ini melantunkan dua kali azan sama seperti kebanyakan masjid masjid lainnya.

Arsitektur Masjid Agung Sholihin Kayu Agung

Arsitektur masjid ini banyak dipengaruhi oleh gaya bangunan di awal kemerdekaan, sentuhan Eropa terlihat menyolok di beberapa bagian termasuk penggunaan pilar pilar beton di dalam masjid, bentuk batang menaranya yang mirip dengan sebuah mercusuar namun ada sedikit sentuhan lokal pada bagian bangun kubah masjid utamanya.

bagian atap masjid ini dihias beberapa bentuk kubah yang berdiri diatas tatakan kubah menyerupai menara menara pendek di atap masjid. Satu kubah dengan kerangka penopang yang cukup unik terlihat pada kubah di atas bangunan mihrab.

Interior Masjid Agung Sholihin
Wisata IDN

Halaman parkir masjid ini cukup luas di dalam pagar masjid. hanya ada satu akses untuk kendaraan yakni dari pintu gerbang utama yang menghadap ke jalan raya di tepi sungai sementara akses untuk pejalan kaki juga tersedia di sisi ruas jalan yang menghadap ke pendopo kabupaten.

Tersedia keran air untuk berwudhu di pelataran parkir dengan bentuk bentuk yang cukup unik, sedangkan kamar mandi toilet dan tempat wudhu utama berada di bagian belakang masjid sisi utara, di area tersebut juga terdapat sebuah beduk berukuran besar.