Masjid Agung Roma – Kumandang Adzan Di Bumi Vatikan

Masjid Kebanggaan Muslim Italia

Masjid Agung Roma

Masjid Agung Roma ada di utara kota Roma. Berjarak sekitar 5 km dari pokok kota yang sangat bersejarah di kota Roma. Ada di distrik Parioli yang disebut daerah bangunan bangunan apartemen tempat tinggal menengah ke atas yang dibuat di antara tahun 1950 sampai 1970-an.

Letak persisnya ada di ujung taman Villa Ada Park yang luas yang terbagi dalam gunung Monte Antenne. Lokasi tempatnya berdiri juga  daerah bersejarah walau cukuplah jauh dari sentral kota. Villa Ada Park adalah rumah keluarga kerajaan Italia di waktu lantas, sedang gunung Monte Antenne diakui menjadi tempat wisata dari kota Sabian beberapa Antenat yang lalu dikalahkan oleh pendiri kota Roma, Romulus.

Pembangunan Masjid Agung Roma

Adalah satu rintangan sendiri buat muslim Roma begitu juga buat beberapa pembangunnya, mengingat signifikansi histori kota Roma sampai tersangkut dilema sosial serta politik dari sana, mengakibatkan pembangunan masjid ini mengambil alih sangat banyak perhatian dari sangat banyak pihak baik yang pro ataupun kontra.

Keseluruhnya proses pembangunan masjid ini bahkan juga menghabiskan waktu demikian kadaluwarsa sampai 20 tahun. Pertama digelindingkan tahun 1975 sampai ahirnya betul-betul berdiri di tahun 1995 kemarin. Mulai dari rencana pembangunan hingga pelantikan masjid ini jadi salah satunya bangunan yang sangat banyak mengambil alih publikasi dunia.

Masjid Roma

Sebelum masjid Roma dibuat, umat muslim di Kota Roma melakukan acara Sholat berjamaah di gedung gedung apartemen sewaan. Kemauan untuk membangun masjid di kota Roma ini semakin kuat di tahun 1972. Duta besar serta perwakilan banyak negara islam di Italia bersama dengan Masyarakat Muslim disana melakukan pendekatan kepada Presiden Italia buat pembangunan masjid Agung Roma / Centro Islamico Culture d’Italia di kota berbau tanah Roma.

Arah utama dari pembangunan sentral kebudayaan Islam itu juga ditujukan menjadi fasilitas instansi untuk pertemuan internasional dengan dunia barat. Pada tahun 1975atas nama pemerintah Italia, dewan kota Roma menghibahkan tempat seluas 30 ribu meter persegi untuk pembangunan Masjid serta Pusat kebudayaan Islam Kota Roma. Tempat itu berada di kaki gunung Antene bersebelahan dengan jalan kereta api di salah satu bagian lahannya. Ditahun yang sama, Dewan eksekutif Pusat Kebudayaan Islam mengadakan Pertandingan Internasional terkait dengan dewan juri yang memiliki pengalaman Arsitektur internasional. Dari 42 penerima pertandingan itu dipilih hasil perancang arsitek Irak Sami Mousawi serta Firma Arsitek punya Paolo Porotgeshi / Vittorio Gigliotti.

Dewan Direktur lalu meminta kedua arsitek tersebut untuk membuat rancangan project pembangunan Masjid Agung dan Pusat Kebudayaan Islam Roma. Hasil perancangan kedua arsitek itu disetujui oleh Dewan Direktur Pusat Kebudayaan Islam pada bulan oktober 1976.

 

 

 

 

 

 

Copyright © 2018 Anugerah Kubah Indonesia
Hubungi Kami
WA
Pesan Segera
Telp