Masjid Agung Pondok Tinggi – Kontraktor Kubah Masjid Jambi

Masjid Agung Paling tua di Kerinci

Masjid Agung Pondok Tinggi menjadi masjid paling tua di Kota Keirnci atau Kota Sungai Penuh, persisnya di jalan Soekarno Hatta / jalan Depati Payung, Desa Pondok Tinggi, Kecamatan & Kiota Sungai Penuh, Propinsi Jambi. Pembangunan masjid ini dikerjakan pada tahun 1874 Masehi, sekaligus juga jadi bukti riil proses penyebaran agama islam di lokasi Sungai Penuh / Kerinci.

Sebelum Masjid Agung Pondok Tinggi ini mengalami perbaikan yang dikerjakan oleh pemerintah Belanda, arsitekturnya begitu serupa dengan perancangan masjid Batu Al-Ikhsaniyah di Seberang Kota Jambi serta Masjid Jami’ Bengkulu. Menurut narasi masyarakat ditempat, masjid ini dibuat pada tahun 1874 Masehi serta tuntas pada tahun 1902 atas dana dari swadaya penduduk muslim ditempat.

Masjid Agung Pondok Tinggi Jambi

Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid Agung Pondok Tinggi adalah dari hasil gotong-royong yang dikerjakan oleh masyarakat seputar Desa Pondok Tinggi, Sungai Penuh Jambi. Pada pertama kalinya dibuat, sebetulnya penduduk muslim di sekitar masjid cuma sejumlah tidak lebih dari 90 kepala keluarga saja, akan tetapi gotong-royong yang dikerjakan semua penduduk bisa membuat satu bangunan masjid yang megah dengan ciri khas budayanya. Ibu-ibu bekerja untuk memasak serta menghimpun kayu, sedangkan bapak-bapak bekerja untuk membangun bangunan masjid itu. Beberapa pertunjukan seperti pencak silat pun ikut didatangkan saat malam hari, supaya semangat kerja untuk membangun masjid bisa makin bertambah.

Menurut cerita turu masyarakat setempat, dimulainya pembangunan masjid ini diikuti dengan pesta keramaian saat tujuh hari tujuh malam, dengan sajian 12 kerbau, yang didatangkan oleh semua masyarakat sekitar, serta ikut mengundang seseorang pangeran pemangku dari Jambi.

Sebelumnya, dinding masjid ini cuma dibikin dari anyaman bambu saja, persisnya pada tahun 1890-an, pada akhirnya pada perbaikan selanjutnya dinding dari anyaman bambu itu ditukar dengan kayu berukir yang begitu indah.

Kontraktor Kubah Masjid Jambi

Arsitektur Masjid Agung Pondok Tinggi

Seni Bina Bangunan Masjid Agung Pondok Tinggi ini dibikin mengikuti contoh arsitektur masjid asli Nusantara dengan ciri atap Limas Tumpang Tiga yang mengibaratkan pandangan hidup, Iman, Islam serta Ikhsan.

Masjid Agung Pondok Tinggi mempunyai 36 tiang penyangga, yang dibagi jadi 3 kelompok tiang, masing – masing yakni tiang tuo atau panjang sembilan, panjang lima atau panjang limau, dan panjang dua atau tiang panjang duea. Tiang-tiang itu diatur sama dengan ukurannya, formasi serta letaknya yang begitu terhitung dengan rapi.

Interior Masjid Agung Pondok Tinggi

Masjid Agung Pondok Tinggi dibikin memiliki ukuran 30 x 30 meter dengan tinggi bangunannya sampai 100 kaki, atau 30,5 meter. Dinding masjid terbuat dari kayu ukir sulur – suluran serta bunga yang sekaligus juga berperan menjadi ventilasi. Pada tiap – tiap pojok di dindingnya ada hiasan motif sulur, sedang di bagian lantai terbuat dari ubin. Masjid ini pula mempunyai 2 buah pintu berdaun ganda yang ikut mempunyai ukiran sulur – suluran.

Sisi Mihrabnya berdenah persegi panjang dengan ukuran 3,10 x 2,40 meter. Di bagian depan mihrab ada bentuk lengkungan yang dihias dengan ukiran geometris. Ke-khasan yang dipunyai masjid ini ialah tempat muadzin dalam mengumandangkan adzan terdapat diatas tiang penting masjid, untuk sampai tempat itu dibikin anak-anak tangga yang diukir demikian rupa sampai ke satu panggung kecil memiliki ukuran 2,60 x 2,60 meter, dikelilingi oleh pagar yang berhiaskan motif flora. Sedang sisi mimbar dibikin dengan ukuran 2,4 x 2,8 meter, dan ikut berhiaskan motif sulur-suluran ditambah lagi atap berupa kubah kecil.

Bedhuk Masjid Agung Pondok Tinggi

Memang sedikit unik serta mempunyai ciri khas sendiri, sebab hampir keseluruhnya sisi bangunan masjid ini mempunyai hiasan motif sulur – suluran ataupun flora lainnya yang pasti jarang didapati di masjid lainnya biasanya.

Bedug Kubah Masjid Jambi

Kontraktor Kubah Masjid Jambi

kami PT Anugerah Kubah Indonesia adalah usaha yang konsentrasi dalam sisi pembuatan kubah masjid. Jadi perusahaan yang mempunyai pengalaman dan mengutamakan kualitas, kontraktor ini membuat kubah memiliki bahan Enamel serta Galvalum. Dimana bahan ini memang demikian gampang tapi kuat serta memiliki tahan tinggi. Bukan hanya itu, perusahaan ini juga masih lengkapi kubahnya dengan formasi kedap air. Sampai tidak akan bocor walaupun dipasang dalam tempo yang lama.

Buat Anda yang tengah mencari Kontraktor Kubah Masjid Jambi, tidak butuh bingung karena PT Anugerah Kubah Indonesia adalah jalan keluar terbaik. Cukuplah cuma kerjakan pemesanan, jadi semua yang berkaitan dengan pembangunan kubah akan diselesaikan sama juga dengan waktu yang dijanjikan.

Hubungi Kami
WA
Telp
Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image