Masjid Agung Nurussalam – Jasa Pembuatan Kubah Masjid

Masjid Agung Kalimantan Selatan

Kabupaten Tanah Bumbu ialah salah satunya kabupaten di propinsi Kalimantan Selatan. Awal mulanya kabupaten ini termasuk juga dalam lokasi Kabupaten Kotabaru. Ibukota kabupaten terdapat di Kelurahan Kelurahan Gunung Tinggi (dulunya bernama Desa Pondok Butun) kecamatan Batu Licin.

Sedang sentral pekerjaan usaha serta ekonomi ada di kecamatan Simpang Empat, yang dulunya pun adalah sisi dari Kecamatan Batulicin. Kabupaten ini mempunyai luas lokasi 5.066,96 km² serta jumlahnya masyarakat sekitar 267.913 jiwa (Sensus 2010).

Pemekaran Kabupaten Tanah Bumbu dari kabupaten Kotabaru diputuskan berdasar pada Undang-undang Nomer 2 Tahun 2003 tanggal 8 April 2003 mengenai Pembentukan Kabupaten Tanah Bumbu serta Kabupaten Balangan di Propinsi Kalimantan Selatan.

Masjid Agung Nurussalam

Berdasar pada undang-undang itu, Kabupaten Tanah Bumbu tetap rayakan hari jadinya pada tanggal 8 April tiap-tiap tahunnya. Nama historis yang sempat dipakai untuk menyebutkan daerah kabupaten ini ialah Tanah Koesan – 1879 serta Tanah Bumbu Selatan.

7 Tahun sesudah dibentuknya kabupaten Tanah Bumbu, di Batu Licin sudah dibuat Masjid Agung kabupaten yang ada di komplek pemerintahan Kabupaten Tanah Bumbu, di Lokasi Gunung Tinggi, Batu Licin. Masjid yang dinamakan Masjid Agung Nurussalam, diresmikan pada tanggal 25 April 2010 dengan luas keseluruhnya sampai 10.000 mtr. persegi berkapasitas tamping sampai 10 ribu Jemaah.

Arsitektur Masjid Agung Nurussalam

Masjid Agung Nurussalam Kalimantan Selatan

Masjid terlihat megah dengan memiliki bentuk yang unik, kubah besar, dan dominasi warna biru cerah yang mencorong. Bentuk basic bangunannya bundar, berlainan dengan umumnya masjid serta bangunan lainnya di Indonesia yang umumnya persegi.

Dibagian luar, bentuk bulat masjid dihiasi bukaan yang menerobos masuk ke ruangan penting masjid. Atap masjid yang berupa oval melancip bertingkat dua selintas serupa bentuk atap depan Teater Keong Emas Taman Mini Indonesia Indah serta Sidney Opera House.
Bukaan jendela dipisahkan jadi empat bagian yang dibatasi oleh empat menara dinding dengan kubah kecil di atasnya membuat empat pojok pada badan bangunan, hingga ada skema empat bagian bukaan lancip.

Skema ini begitu padu dengan kubah besar yang bundar dengan warna cerah seirama. Bentuk bulat pun punya pengaruh di bagian dalam ruangan masjid. Ruangan penting beribadah tampak berlainan dari ruangan penting masjid biasanya. Ruangan penting tampil lega serta minimalis dengan dominasi putih serta jendela terawang yang melingkari ruangan. Jendela terawang ini sekaligus juga berperan menjadi dinding.

Di lantai dua yang melingkar membuat mezzanine, aksen jendela terawang dikasih komponen hias kaca patri dibagian tengah. Pada siang hari, kaca itu akan mencerminkan sinar alami matahari di luar hingga membuat sorot sinar yang eksotis. Keseluruhannya, ide dinding dengan mode jendela terawang ini pula membuat pencahayaan di luar bebas menerobos masuk. Bisa disebutkan, bangunan ini dikit jumlahnya sudah mengaplikasikan ide bangunan irit daya.

Hubungi Kami
WA
Pesan Segera
Telp
Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image