Masjid Agung Nurul Ikhlas – Pengrajin Kubah Masjid Banten

Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon, Banten

Masjid Agung Nurul Ikhlas memang masjid agungnya kota Cilegon di propinsi Banten. Masjid itu berdiri di samping ruas jalan Sultan Ageng Tirtayasa 2 pas di pusat kota Cilegon. Tempatnya pun berseberangan dengan tempat tinggal dinas walikota Cilegon. Letak masjid ini di antara deretan pertokoan menjadi pusat usaha yang wilayahnya membentang sampai ke pelabuhan Merak. Pelabuhan ini adalah gerbang penting masuk ke pulau Jawa bila datang dari arah laut atau arah pulau Sumatera. Keelokan masjid ini pula tidak terlepas dari bangunan menara yang sejumlah empat buah yang memiliki bentuk begitu unik. Ditambahkan bangunan kubah masjid yang dikasih cat hijau seperti masjid Nabawi. Ciri ciri khas itu jadi daya tarik penting masjid agung Cilegon ini.

Bangunan masjid Agung cilegon dibuat diatas tanah seluas 3600 m². Berdasar pada beberapa sumber, bangunan masjid ini sudah berdiri dari waktu penjajahan Belanda. Walau dahulunya tidak semegah serta sebesar saat ini. Waktu itu, bangunan masjid ini sudah mempunyai menara, tapi tidak setinggi seperti saat ini. Seterusnya dikerjakan perbaikan, hingga menara tunggalnya tambah tinggi .

Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon

Arsitektur Bangunan Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon

Bangunan masjid Agung cilegon dibuat jadi tiga lantai, yang terdiri atas lantai basemen seluas (1.175 m²), yang ke-2 lantai basic seluas (1.372) dan lantai satu seluas (1.073 m²). Bangunan lantai basemen jadikan ruang simpatisan untuk tempat berwudlu ataupun toilet yang persisnya ada pada lantai ini. Sesaat untuk ruangan sholat pentingnya ada pada lantai dasarnya. Yang paling akhir adalah lantai satu yang dipakai dengan spesial untuk ruangan penting sholat untuk wanita ataupun menjadi penambahan waktu melakukan beribadah sholat jumat atau beribadah shalat Idul Fitri, dengan Idul Adha yang dikerjakan. Bila anda lihat masjid dari pintu gerbang, anda langsung dapat lihat pintu penting menjadi jalan penting masuk di masjid.

Sesaat untuk dapat masuk dalam masjid lantai atas, disiapkan pun tangga yang dibuat di luar masjid. Tangga itu akan ke arah pada empat pintu besar serta langsung tersambung pada ruang sholat pentingnya. Tetapi ruang parkir masjid memang tidaklah terlalu luas, jadi daya tampung kendaraan sangat hanya terbatas.

Diluar itu, penentuan material yang dipakai untuk bangun masjid ini pula begitu berkualitas. Interior juga ekterior masjid itu di dominasi dengan material marmer warna putih, abu abu, hitam sampai ke ruang dalamnya. Dengan adanya ini, akan mendatangkan kesan-kesan satu masjid yang memiliki nuansa sejuk di tengah kota yang begitu panas. Bangunan masjid ini pula menyengaja didesain jadi satu bangunan masjid yang begitu modern sesuai dengan kondiri kota Cilegon menjadi satu diantara kota moderen.

Kubah Masjid Agung Nurul Ikhlas Cilegon

Bangunan kubah masjid ini dikasih warna hijau yang membuat terkesan begitu asri. Di sekitarnya pun dibuat 4 menara yang menjulang tinggi sampai 55 meter. Kubah masjidnya dikasih motif yang mirip dengan batik. Kesan-kesan modern pun tampak pada detil masjid ini baik menara atau bangunan kubah nya. Kubah yang dibuat di masjid ini pula mirip dengan kubah dari type flannel enamel. Perbedaannya adalah bila kubah enamel penampilan luarnya berbentuk tempelan yang berupa iris ketupat atau kotak-kotak. Sedang untuk kubah masjid ini dikasihkan motif pada bagian luarnya. Bila anda ingin membuat kubah batik, juga bisa bangun kubah beton yang seterusnya sisi luarnya dihiasi dengan motif yang disuka diantaranya dengan motif batik. Tidak hanya motif batik, banyak yang menyukai hiasi dengan motif ciri khas kota yang dibuat kubah itu.