Masjid Agung Kuantan Singingi – Jual Kubah Masjid di Riau

Masjid Agung Kuantan Singingi

Bila anda masuk ruang Teluk Kuantari atau satu diantara ibukota di Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau, kelihatan banyak gagasan pembangunan mulai dari beberapa infrastruktur satu kota yang begitu kekinian. Salah satunya adalah tugu carano, terdapatnya sarana Sport Center serta satu stadion yang memiliki konsep kekinian, bahkan juga kompleks perkantoran Pemerintahan Kabupaten ataupun sarana kota yang lain.

Tetapi ditengah-tengah perubahan moderenitas itu, nyatanya pihak warga di seputar Teluk Kuantan dengan basis budaya Melayunya belum pernah lupakan bagian religius jadi pendamping budaya Melayu yang mereka pegang dari dulu. Hal itu dibuktikan terdapatnya kehadiran masjid istimewa yang dibuat pada ruang yang sama dibarengi bangunan-bangunan itu. Yaitu Masjid Agung Kuantan Singingi.

Sebelumnya memang masjid ini dibuat jadi satu persiapan Kuansing yang sudah jadi tuan-rumah event Musabaqoh Tilawatil Qur’an atau (MTQ) se propinsi Riau. Tetapi seterusnya bangunan masjid ini sudah jadi lambang dari Kabupaten Kuansing yang sudah menjunjung tinggi mengenai nilai-nilai keagamaan khususnya islam.

Masjid Agung Kuantan Singingi Riau

Anda dapat lihat keelokan masjid ini mulai dari dibuat sampai usai proses pembangunannya. Masjid ini begitu istimewa serta indah ditambah lagi bentuk design kubah yang sudah mengambil style bangunan di Timur Tengah. Pada kubah terutamanya berwarna hijau cerah ditambah lagi ornament grafis yang biasa diaplikasikan untuk masjid-masjid yang berada di Propinsi Riau yang lain.

Kemegahan Kubah Masjid Agung Kuantan Singingi

Bangunan kubah pada masjid ini terdiri atas satu kubah utama, ditambah empat buah kubah pendamping untuk penopang dan empat buah kubah kecil yang berperan jadi penambah keindahan masjid ini. Adanya lima buah kubah besar itu dapat jadikan sisi interior masjid lebih berasa lega. Diluar itu, terdapatnya plafon yang sudah ikuti undakan desain kubah adalah panorama yang indah pada interior masjid sendiri.

Kubah yang masjid pakai sudah didominasi dengan warna hijau yang sama juga dengan warna dinding masjid. Berikut yang membuat masjid kelihatan begitu sejuk serta asri. Tetapi warna kubahnya bukan Hanya berwarna hijau saja, ada gabungan warna antara hijau serta warna kuning. Type kubah masjid yang diambil adalah kubah panel enamel. Kubah type ini memang terbanyak diambil oleh warga sekarang ini. Hingga banyak masjid yang telah memakai kubah type ini. Tidak hanya faktor keindahan kubah yang diakui, penentuan type kubah ini dari penghitungan tahan lamanya saat dipakai.

Sebab kubah type ini dapat bertahan sampai 20 tahun lebih serta dapat bertahan pada guncangan yang begitu keras sekalinya. Baik dari guncangan karena gempa atau yang lain. Jadi, material kubah ini wajar diakui untuk jadikan jadi kubah terindah pada bangunan masjid. Anda pun akan lihat banyak warna indah yang ditawarkan oleh kubah type ini dibanding kubah type yang lain. Indahnya warna kubah ini dapat anda lihat dari bangunan kubah masjid kuantan singing ini.

Masjid Agung Kuantan Singingi

Untuk ruangan utama masjid yang dipakai jadi tempat beribadah memang menyengaja dibuat memiliki konsep minimalis. Anda dapat lihat ini adanya dinding yang telah dilapis dengan cat putih yang sedikit mainkan ornament didalamnya. Sisi lantai memakai keramik yang berwarna seirama dengan dinding serta interior masjid hingga lebih berkesan lega dan begitu bersih interior masjidnya.

Pada bagian dinding depan sebagai tempat mihrab cuma dibedakan oleh terdapatnya ceruk mihrab dengan bentuk yang tidaklah terlalu besar. Sesaat bangunan mihrab makin diperindah sebab terdapatnya aksen pigura yang dibikin motif bintang bersegi delapan. Sesaat mimbarnya ditempatkan pada samping kanan mihrab serta mempunyai ide menyatu di dinding masjid.