Masjid Agung Iqro Halmahera Timur

Masjid Agung Iqro Halmahera Timur

Indahnya Masjid Agung Iqro

Masjid Agung Iqro berkapasitas tampung 3000 jemaah, dibuat di atas tanah wakaf dari warga Soa Gimalah serta Maba Sangaji. proses pembangunannya memerlukan waktu semasa 3 tahun, semakin lebih cepat dari gagasan sebelumnya yang diperkirakan semasa lima sampai tujuh tahun.

Masjid Agung Iqro ini nanti akan diperlengkapi dengan Komplek Islamic Center yang akan dibuat disamping kiri Masjid. Kecuali untuk tempat beribadah lima waktu, masjid ini dibuat untuk pusat kesibukan ke-Islaman tingkat kabupaten Halmahera Timur termasuk juga penerapan manasik haji, pelepasan serta penyambutan Jemaah haji, sampai pengajian ibu ibu.

Arsitektur Masjid Agung Iqro

Berdiri ditengah-tengah tempat yang lumayan luas membuat bangunan masjid Agung ini nampak demikian mencolok dengan warnanya yang tidak biasa. baik eksterior sampai interiornya Masjid Agung Iqro di supremasi oleh warna merah muda, merah hati. Bangunan intinya berdenah sisi empat, berlantai dua. di lebih dengan teras yang lumayan besar di muka masjid serta dua banguinan sayap dibagian kiri serta kanan.

Satu kubah penting diletakkan dibagian tengah atap di jepit dengan empat kubah yang bertambah kecil di empat pelosok atap masjid. Baik kubah penting atau kubah nya yang bertambah kecil mempunyai persamaan corak serta warna yang serupa. Masjid Agung Iqro ini tidak diperlengkapi dengan Menara.