Masjid Agung di Oman

Masjid Agung di Oman

Masjid Sultan Qaboos

Terdapat di jantung kota. Tidaklah heran bila masjid ini didatangi oleh mereka yang akan shalat atau sebatas kagum pada keelokan arsitekturnya.

Arsitektur masjid ini sendiri di inspirasi oleh pola budaya serta Islam dari riwayat Oman. Di masjid, ada ruangan shalat yang dihiasi dengan indah dengan lampu kristal, karpet tenunan tangan dalam nuansa hijau, serta dinding memiliki motif.

Tidaklah heran, bila tiap hari masjid dengan menara yang menjulang ini menyongsong beberapa ribu jamaah untuk melaksanakan ibadah shalat. Jam bertandang masjid dibuka dari jam 08.00 sampai 11.00 waktu ditempat.

Buat pengunjung non-Muslim, mereka akan diharap kenakan pakaian yang sopan serta tutupi kepala buat wanita. “Masjid Sultan Qaboos, masjid paling besar di Salalah yang terdapat di pusat kota, adalah masjid besar yang mempunyai formasi arsitektur yang sangatlah baik. Aula beribadah didekorasi dengan benar-benar indah dengan lampu menggantung, karpet hijau serta skema dinding, serta sudah terpasang banyak pendingin ruang. Terdapat beberapa tempat untuk berwudhu,” demikian pengakuan dari Lapangan terbang Salalah, seperti dikutip di Times of Oman, Rabu (4/12).

Kegubernuran Dhofar mempunyai banyak masjid yang lain menyebar di semua kota. Antara masjid itu ialah Masjid Aqeel, yang disebut masjid paling tua yang dibuat pada 1779. Arsitektur geometris serta eksteriornya yang serba putih bercerita cerita-kisah dari waktu dulu.