Masjid Agung Darussalam Taliwang

Masjid Agung Darussalam

Di Nusa Tenggara Barat ada satu bangunan tempat beribadah kaum muslim yang benar-benar menarik serta istimewa. Tempatnya pas ada di Jalan Bung Hatta No. 2 Kompleks KTC Taliwang, Kabupaten Sumbawa Barat Propinsi Nusa Tenggara Barat. Nama masjid ini ialah masjid Agung Darussalam Taliwang dengan lokas yang terhimpun dengan dalam lokasi komplek kantor pemerintahan yang dinamakan komplek KTC atau Komutar Telu Center Kecamatan Taliwang. Bangunan masjid ini benar-benar mencolok sebab bila disaksikan dari ketinggian arsitektur masjid kelihatan jelas mempunyai denah persegi delapan.

Pembangunan masjid Agung Darussalam Taliwang adalah satu diantara bangunan yang diprioritaskan bersama dengan dua gedung yang lain yakni gedung Graha Fitra serta gedung Sekertariat Pemerintahan Wilayah (Sekda) Kabupaten.

Riwayat Pembangunan Masjid Agung Darussalam

Pembangunan masjid Agung Darussalam Taliwang usai pada tahun 2010 pada saat pemerintahan bupati KH. Zulkifli Muhadli. Dalam pembangunanya, masjid gung Darussalam habiskan dana sebesar Rp. 32 miliar. Masjid ini mempunyai luas bangunan yang sampai 15.500 m² , sedangkan keseluruhannya masjid ini sampai luas 48.500 m². Sebab masjid Agung Darussalam Taliwang adalah masjid paling besar serta termegah di kabupaten Sumbawa Barat, masjid ini mampu menyimpan jamaah memiliki sekitar 8000 jamaah. Masjid Agung Darussalam adalah satu diantara masjid yang meningkatkan khasanah deretan bangunan masjid istimewa di propinsi NTB sebab sudah lama terkenal dengan julukan propinsi seribu masjid.

Saat masjid ini mulai diresmikan serta dibuka terutamanya untuk melakukan beribadah shalat, masjid ini sudah lakukan beberapa program kerja seperti program pembinaan, penyuluhan, riset, tuntunan, analisis buku serta beberapa pekerjaan ilmiah yang lain. Program itu dikerjakan oleh pengurus masjid Agung Darussalam Taliwang.

Desain Bangunan Masjid

Dilihat dari desain bangunan masjid ini, masjid Agung ini mempunyai penyangga yang berjummlah 99 tiang. Angka itu tunjukkan dari 99 nama Allah SWT atau disebutkan dengan smaul Husna. Ada 112 anak tangga yang menggambarkan surat Al-Ikhlas jadi surat ke 112 dalam Al-Qur’an. Dari sana akan kelihatan kolam yang luasnya 5000 m2 serta sisi dalamnya terbuat dari kaca dengan mencerminkan bentuk bangunan masjid itu dengan dihiasi 120 titik air mancur yang benar-benar indah. Hal yang jarang-jarang didapati dari beberapa masjid lainnya ialah saat beberapa jamaah akan masuk masjid ini mereka akan melalui satu jembatan penghubung yang melewati sungai. Ide bangunan masjid Agung Darussalam Taliwang ini jadi cirri ciri khas tertentu yang dipunyai masjid itu.

Dibagian atas masjid ada satu kubah utama yang besar sekali ditambah lagi ke lima kubah kecil yang lain di sekitar kubah penting. Kubah besar itu melambangkan arti tauhid sedang ke lima kubah itu melambangkan jadi rukun Islam yang sejumlah lima. Sedang tiang penyangga penting masjid ini mempunyai enam buah yang melambangkan dari Rukun Iman yang banyaknya ada enam. Sedang ke-2 menara yang ada di samping kiri kanan masjid melambangkan arti dari Syahadat.

Saat masuk masjid ini, pengunjung serta beberapa jamaah akan merasakan lebih kagum sebab tatanan yang luas serta istimewa yang menampilkan pilar-pilar yang benar-benar kuat. Cat tembok serta interior masjid didominasi warna putihh yang melambangkan kesucian dan ada warna hijau serta emas. Diluar itu terlihat hiasan kaligrafi masjid yang demikian indah yang menarik di selama dinding masjid. Ditambah lagi satu lampu gantung yang beratnya sampai 600 kg serta dipenuhi oleh 64 lampu kecil jadi penerang ruang masjid.