Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo – Gorontalo

Masjid Agung Baiturrahmah

Masjid Agung Baiturrahmah ialah masjid agung kabupaten Boalemo propinsi Gorontalo di pulau Sulawesi. Masjid Agung ini dibuat tahun 1980 di Kecamatan Tilamuta sebagai Ibukota Kabupaten Boalemo, karena itu sering dikatakan sebagai Masjid Agung Tilamuta mengacu pada tempatnya berdiri atau masjid Agung Boalemo mengacu pada kabupaten-nya.

Kabupaten Boalemo ialah satu diantara kabupaten di propinsi Gorontalo, dibuat dengan sah pada tanggal 12 Oktober 1999 berdasar Undang-Undang Nomer 50 Tahun 1999 yang sudah dirubah dengan Undang-Undang Nomer 10 Tahun 2000 mengenai Pembentukan Kabupaten Boalemo. Awalnya daerah kabupaten Boalemo adalah sisi dari daerah kabupaten Gorontalo.

Tempat masjid Agung Baiturrahmah tidak persis disamping selatan alun alun kota Tilamuta, tetapi ada beberapa puluh mtr. mengarah barat dari alun alun, berseberangan dengan kantor Bank BRI kantor Cabang pembantu Tilamuta, berjejer di satu ruas jalan yang sama juga dengan Gereja Bahtera Tilamuta, tunjukkan jika kerukunan beragama di Boalemo tersambung benar-benar baik.

Berdisi disamping selatan ruas jalan Jalan Hi. Thayeb Moh. Gobel (trans Sulawesi) yang membentang arah timur barat dengan sendirinya denah masjid ini dikit miring dari ruas jalan itu, ikuti arah kiblat. Jadi masjid agung kabupaten, tempatnya memang tidak jauh dari kantor Bupati Boalemo yang ada disamping timur alun alun Tilamuta.

Pembangunan Masjid Agung Baiturrahmah

Mengacu pada situs kemenag RI, Masjid Agung Baiturrahmah dibuat tahun 1980 di atas tempat wakaf seluas 4000 meter2, luas bangunan masjidnya 3500m2 serta direncanakan dapat menyimpan 1000 jemaah, serta adalah masjid paling besar di kabupaten Boalemo. Keindahannya jadikan masjid ini jadi saah satu daya daya tarik pelancong local.

Kehadiran Masjid Baiturrahmah ini sudah terlebih dulu berdiri di tahun 1980 sebelum Boalemo disyahkan jadi kabupaten baru jadi pemekaran dari kabupaten Gorontalo di tahun 1999, baru selanjutnya masjid ini diresmikan jadi masjid agung kabupaten Boalemo serta dikerjakan perbaikan serta rekonsilasi peranan jadi masjid agung.

Pemerintah propinsi Gorontalo ikut berperan untuk perbaikan serta pembangunan masjid agung ini lewat Gubernur Gorontalo Rusli Habibie memberi dana sebesar Rp. 500 juta pada tanggal 19 Oktober 2018 diikuti selanjutnya sumbangan sama diberikan oleh Gubernur pada tanggal.

Pusat Kegiatan Islam Boalemo

Jalankan manfaatnya jadi masjid agung kabupaten, Masjid Agung Baiturrahmah jadi pusat kegiatan Islam di kabupaten Boalemo, terhitung pusat penyelenggaraan peringatan hari hari besar Islam serta sholat dua hari raya (Idul Fitri serta Idul Adha) yang didatangi oleh Bupati, wakil Bupati, beberapa petinggi, SKPD, tokoh warga, tokoh tradisi, alim ulama serta warga muslim ditempat.

Masjid Agung Baiturrahmah jadi tempat penyelenggaraan Seleksi Tilawatil Qur’an serta Hadist (STQH) tingkat kabupaten Boalemi seperti yang diadakan pada bulan Februari 2019. Acara itu dibuka serta ditutup oleh bupati Boalemo Bupati Boalemo, Darwis Moridu yang diwakilkan Sekda, Husain Etango.

Arsitektur Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo

Masjid Agung Baiturrahmah Boalemo dibuat dengan faras lantai tambah tinggi dari tanah di sekelilingnya, deretan anak tangga memiliki ukuran lebar disediakan jadi akses dari halaman langsung ke arah ruangan sholat penting masjid. Denah bangunannya simetris seperti denah masjid Kesultanan Deli di kota Medan.

Empat pojok bangunan diperlengkapi dengan pavilion kecil diengkapi dengan kubah memiliki ukuran lebih kecil dari kubah intinya. Satu kubah bulat diletakkan ditengah-tengah atap utama di kelilingi empat kubah yang lain, semua kubah ini bewarna kuning emas. Di pucuk kubah penting dihias dengan ornament lafazd Allah sedang empat kubah yang lain dihias ornament bulan bintang.

Masjid ini diperlengkapi dengan satu bangunan menara menjulang tinggi disamping barat laut bangunan utama. Tidak kebanyakan ornamen hias di masjid ini, mungkin sebab memang bangunannya memang masih relatif baru. Muka ruangan mihrabnya dibuat seirama dengan lengkungan lengkungan fasad bangunan penting, satu mimbar kayu berukir diletakkan disamping Mihrab.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image