Masjid Agung Baiturrahim

Masjid Agung Baiturrahim

Masjid Pusat Kota Singkil

Masjid Baiturrahim ada di Pusat Kota Singkil, Ibu kota Kabupaten Aceh Singkil, adalah Masjid pertama serta paling tua. Awalnya masjid ini namanya Masjid Jamik Baiturrahim yang dibuat di Singkil lama di tahun 1256 H/1836 M, lalu dipindah ke Singkil Baru di tahun 1909.

Pada saat Kolonial Belanda, masjid ini pernah diperbaiki, lalu di tahun 1953 diperlebar. Sebelumnya masjid ini memiliki ukuran 17 x 17 m dengan satu kubah, sesudah alami pelebaran ukurannya jadi 20 x 30 m serta ditambah satu kubah kecil di samping timur.

Tragedi Gempa di Masjid Baiturrahim

Gempa bumi serta gelombang pasang tanggal 28 maret 2005 sudah jadikan masjid ini alami keru-sakan berat. Untuk melakukan perbaikan pada tanggal 7 Mai 2005 sudah dibuat Panitia Pembangunan Masjid Baiturrahim yang bekerja untuk merehab masjid yang rusak supaya bisa dipakai sekaligus juga berencana pem-bangunan masjid baru untuk alternatif masjid yang rusak.

Design bangunan baru Masjid memiliki ukuran 37 x 37 m dengan 4 menara tinggi, 4 menara kecil serta satu kubah besar dan 4 Qubah kecil. Kubah besar serta atap dan ornamentnya diusahakan seperti dengan masjid yang dibuat tahun 1909.