Masjid Agung Baitunnur Pati Jawa Tengah

Masjid Agung Baitunnur Pati Jawa Tengah

Masjid Agung Baitunnur

Sebuah masjid agung yang terdapat Alun-Alun kota Blora tepatnya di Kelurahan Kauman Kecamatan Blora Pati Jawa Tengah. Kompleks masjid ini terdiri dari bangunan induk beratap susun tiga yang pada puncaknya terdapat kubah dari logam.

Pada serambi Masjid Baitunnur ini terdapat komponen artefak kuno seperti mimbar dari kayu berukir, maksurah dan 2 bedug yang terdapat di serambi masjid.  Selain itu, pada Masjid ini juga terdapat prasasti bertuliskan huruf Jawa yang terdapat di ambang pintu masuk ke ruang utama dan angka tahun 1892 pada daun pintu masjid.

Pembangunan Masjid Agung Baitunnur

Masjid Agung ini dibangun pada tahun 1722 oleh seorang Bupati R.T. Djajeng Tirnoto dengan Surya Cengkala “Catur Pandhita Sabdaning Ratu”. Pada Pintu selatan terdapat angka tahun 1822 dan pada pintu utara 1310 H.

Selanjutnya pada tahun 1975, masjid ini dipugar oleh Bupati Supadi Yudhodarmo yang menambahkan bangunan Menara.

Sesuai dengan karakteristik masjid Negara di Jawa, ada kaitannya dengan makam orang-orang yang dianggap penting atau pendahulu seperti para raja dan wali. Tidak jauh dari dari lokasi masjid agung, terdapat makam pendiri masjid ini yaitu Sunan Pojok.