Masjid Agung Al Mujahidin Selong – Lombok Timur

Masjid Agung Al Mujahidin

Tersebarnya agama islam di Nusantara telah ada semenjak jaman jaman dulu. Penyebarannya juga demikian cepat serta cepat sampai ke beberapa pelosok Nusantara. Termasuk juga sampai ke sisi daerah Lombok. Tidak cuma populer akan panorama alam yang begitu memesona serta mengagumkan, Lombok nyatanya sebagian besar penduduknya ialah agama islam khususnya suku Sasak. Lombok mempunyai wisata budaya selain wisata alam yang mengagumkan.

Sebab sebagian besar dari Lombok ialah pemeluk agama islam, karena itu tidak bingung Lombok mempunyai bangunan masjid. Dari sana ada banyak masjid yang dipakai untuk melakukan beribadah tetapi ada satu masjid yang berdiri istimewa. Masjid itu bernama Masjid Agung Al-Mujahidin Selong. Tempat masjid itu ada di Jalan TGH Abdul Majid No. 110, Sandubaya, Selong Kabupaten Lombok Timur, Nusa Tenggara Barat. Tetapi sebab tempatnya ada di Kecamatan Selong karena itu seringkali masjid itu dimaksud dengan masjid Al-Mujahidin Selong.

Masjid Al Mujahidin Selong

Bangunan masjid yang istimewa itu berdiri diatas tempat seluas 1.2 hektar dengan luas bangunannya yang sampai 1540 mtr. persegi. Proses pembangunan awal masjid Agung Al-Mujahidin diawali pada tahun 1957. Status dari awalannya yakni ialah status tanah dengan bersertifikat hak punya. Masjid yang istimewa itu bisa menyimpan jamaah sekaligus juga sekitar 5000 jamaah.

Keindahan Masjid Agung Al Mujahidin

Keindahan dari bangunan masjid Agung Al-Mujahidin ialah dari hasil seseorang perancangan arsitek Ir. H. M. Aminolah. Beliau begitu cerdas dalam memadukan dari tiap pojok dan ornament pada Masjid Agung Al-Mujahidin. Di luar saja bangunan masjid itu telah kelihatan menarik serta cantik dengan paduan warna putih, ungu serta orange dan warna hijau yang melapisi kubah utama masjid. Bentuk bangunan masjid Agung Al-Mujahidin memakai skema ceruk terbuka di sejumlah sisi dan terdapatnya konstruksi tangga di pojok jadi satu panorama indah untuk meningkatkan kemewahan pada masjid itu.

Tidak hanya kubah utama yang dilapis warna hijau muda serta hijau tua, masjid Agung Al-Mujahidin mempunyai empat menara yang menyatu dengan bangunan. Keempat menara itu menjulang tinggi mengapit kubah penting ditengah-tengah atap masjid. Bentuk dari keempat menara disamakan dengan bentuk bangunan penting yakni memakai skema ceruk lowong dengan empat bola berlainan di bagian tubuh menara. Ukuran dari menara itu sampai tinggi 27 meter. Hal itu mempunyai arti mengenai ajakan untuk melakukan beribadah shalat berjamaah sebab mempunyai leutamaan yang lebih dibanding sholat sendirian. Dimana pahalanya akan berkali lipat jadi 27 kali.

Masjid Al Mujahidin

Lalu saat beberapa jamaah atau pengunjung masuk Masjid Agung Al-Mujahidin, karena itu awalannya akan berasa sesak sebab atap yang datang dari lantai dua bangunan. Tetapi berlainan saat ke arah ke sisi depan ruang maka berasa lebih lega sebab plafon atap yang terbuka dengan lantai dua jadi mezzanine. Nyatanya di balik semuanya mempunyai satu filosofi mengenai satu perjalanan panjang saat akan ke arah Sang Maha Pencipta. Dimana sebelumnya butuh banyak perjuangan tetapi saat makin mendekati dari arah itu maka berasa makin melegakan.

Diluar itu ada satu mihrab masjid yang kelihatan lumayan sederhana dengan ceruk skema horizontal. Biasanya masjid yang lain memakai skema vertikal meninggi di bagian mihrab masjid. Lalu kelihatan penampilan sisi dalam masjid yang berkesan minimalis dengan penambahan hiasan kaligrafi yang indah. Sekarang ini masjid Agung Al-Mujahidin adalah simbol religi yang dipunyai Kabupaten Lombok Timur. Tidak cuma dipakai jadi tempat melaksanakan ibadah, masjid ini kadang dipakai jadi tempat piknik keluarga sebab memang tempatnya ada di lokasi taman kota.