Masjid Agung Al Manan Kota Dumai

Masjid Agung Al Manan

Masjid Agung Al Manan adalah satu masjid yang terdapat di Kota Dumai, Indonesia. Masjid ini dibuat pada tahun 2000 serta usai tahun 2002. Terlihat depan masjid menonjolkan dua kubah bertingkat yang terbagi dalam satu kubah penting di atap bangunan serta satu kubah bergaris tengah lebih kecil di teras pintu masuk. Bentuk ini memperingatkan pada bentuk masjid di Kelantan, Malaysia.

Masjid Agung Al-Manan dibuat oleh Pemerintah Kota Dumai. Kota ini adalah kota administratif hasil pemekaran dari Kabupaten Bengkalis, Propinsi Riau. Dumai yang diketahui jadi Kota Minyak itu tertera jadi kota paling besar ke-2 di Indonesia sesudah Manokwari. Masjid kebanggaan warga Dumai itu dinamakan Al-Manan. Nama ini ialah satu dari 99 nama Allah SWT Al-Manan bermakna Maha Pemberi Karunia.

Arsitektur Masjid Al Manan

Terlihat depan masjid menonjolkan dua kubah bertingkat yang terbagi dalam satu kubah penting di atap bangunan serta satu kubah bergaris tengah lebih kecil di teras pintu masuk. Bentuk ini memperingatkan pada bentuk masjid di Kelantan, Malaysia.

Tidak hanya dua kubah itu, ada pula dua kubah yang ditempatkan disamping kanan serta kiri bangunan. Di empat pelosok kubah penting ada menara yang menjulang tinggi sampai meningkatkan kesan-kesan istimewa pada keseluruhan masjid.

Supremasi warna biru muda di sekujur badan bangunan dan aksen biru-hijau dibagian kubah memunculkan kesan-kesan sejuk ditengah-tengah teriknya cuaca Dumai. Terdapatnya taman kecil di halaman depan, samping, serta belakang masjid meningkatkan keasrian lingkungan Masjid Agung Al-Manan.

Masuk ruangan dalam masjid, kelihatan kesan-kesan bersahaja. Kesan-kesan ini diperkokoh oleh pemakaian warna biru muda tanpa ada banyak detil ornament dan bentuk pintu serta bukaan jendela yang condong minimalis.

Penampilan minimalis di ruangan penting membuat mihrab yang dihiasi lukisan kaligrafi serta mimbar kayu berukir jadi sisi visual yang cukup mencolok. Lukisan kaligrafi bermacam warna itu dibikin oleh kaligrafer yang sama juga dengan Masjid Agung An-Nur, Pekanbaru, Riau.

Walau ada di jalan lintas propinsi yang cukup jauh dari pusat kota, Masjid Agung Al-Manan masih jadi simbol religi Kota Dumai. Masjid ini sering dipadati warga dalam beberapa pekerjaan keagamaan serta sosial kemasyarakatan.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image