Konstruksi Kubah Masjid

Jenis – Jenis Kubah Masjid

Kubah merupakan atap lengkung setengah lingkaran yang biasanya diletakkan pada bagian atas bangunan masjid. Seiring dengan perkembangan zaman banyak para arsitektur muslim yang menghasilkan berbagai karya yang inovatif. Salah satu hasil dari perkembangan ilmu arsitektur Islam di dunia hasil karya bentuk kubah.
Perkembangan ilmu arsitektur islam juga sangat berpengaruh terhadap perkembangan industri kerajinan kubah masjid. Karena itu banyak produsen kubah masjid yang menjual kubah masjid dengan beragam dan model.
Setiap produsen dan kontraktor kubah masjid memiliki karakteristik yang berbeda-beda dalam menghasilkan produk kubah masjid.
Beberapa bentuk kubah masjid yang dibuat oleh produsen dan kontraktor kubah masjid antara lain :

1. Bentuk kubah oval atau telur

Bentuk kubah telur atau oval seperti belahan telur besar yang dibelah secara horizontal sehingga bentuknya oval. Bentuk kubah oval dapat kita jumpai pada bangunan-bangunan kuno di zaman barok rococo.

2. Bentuk kubah bawang

Bentuk kubah bawang secara visual terlihat melengkung di bagian atas dan bagian bawah kubah, kemudian terlihat meruncing pada bagian atas kubah. Kubah juga terlihat lebih kecil seperti bonggol bawang. Bentuk kubah bawang banyak terlihat untuk arsitektur masjid di Indonesia. Namun banyak juga di jumpai pada gereja gereja Ortodoks di Rusia.

3. Bentuk kubah berumbi

Bentuk kubah berumbi tergolong pada jenis kubah yang sederhana, karena mirip seperti separuh bumi tetapi pada bawah sedikit memanjang dan bagian ujungnya meruncing seperti bentuk Tunas umbi yang sedang tumbuh. Bangunan yang menggunakan kubah berumbi dapat kita lihat pada Taj Mahal di India. Kubah banyak digunakan pada bangunan masjid di Mesir.

4. Bentuk kubah parabola

Bentuk kubah parabola memiliki bentuk melengkung tidak bulat penuh. Jika dicermati bentuknya juga lonjong dengan ujung semakin mengecil. Kubah parabola hanya bisa di jumpai pada bangunan kuno di Tatinu.

5. Bentuk kubah biara

Bentuk kubah ini berbeda apabila dilihat dari luar tidak terlihat seperti kubah umum. Kubah ini akan terlihat seperti kubah apabila dilihat dari bagian bawah. Bentuk dasar kubah biara adalah sebuah persegi, dengan rangka sudut, dan permukaan kubah berupa bidang lengkung.

Kubah Masjid Enamel dan Galvalume

Ada berbagai macam bahan dasar dalam pembangunan sebuah kubah masjid, disini kami akan membahas mengenai dua macam bahan dasar yang biasanya digunakan untuk Pembuatan Kubah Masjid Panel yaitu Zincalume atau juga disebut galvalum atau plat baja low carbon yang dilapisi dengan enamel yang kemudian orang sering menyebutnya sebagai Kubah Masjid Enamel. Zincalume atau Galvalume merupakan logam campuran antara seng dan alumunium yang ringan dan tahan karat. Sedangkan Enamel adalah bahan yang terbuat dari paduan kaca (Silica) yang dileburkan (to smelt) diatas lempengan besi baja bermutu tinggi pada sebuah oven dengan temperatur tinggi, kemudian mengurai hingga menyatu dan menjadi keras. Kelebihan Kubah Masjid Enamel adalah ketajaman dan Kecerahan warna yang tahan lama bahkan sampai 20 Tahun.

Kelebihan – kelebihan kubah masjid enamel dibandingkan kubah lain adalah :

1. Lebih ringan sehingga pemasangannya tidak membutuhkan pondasi ekstra kuat.

2. Resiko kerusakan yang ditimbulkan ketika terjadi bencana gempa juga relatif kecil.

3. Potensi rembes atau bocor jauh lebih kecil dibanding kubah lain.

4. Kubah Masjid Panel lebih indah dengan warna yang tajam dan variatif juga tahan lama.

5. Purna jual yang lumayan.