Keindahan Masjid Sakirin di Istanbul Turki

Keindahan Masjid Sakirin di Istanbul Turki

Masjid Sakirin Turki

Kota Istanbul di Turki adalah jembatan di antara Eropa serta Asia. Kota itu mempunyai riwayat penaklukkan serta penyembahan yang mengagumkan dari beberapa agama serta asal mula yang lain.
Minimal ada hampir tiga ribu masjid berdiri di kota yang dulu jadi ibukota Turki itu, sebelum ditukar jadi Ankara pada 1923. Hingga, lantunan azan bisa didengar dari tiap pojok di Istanbul. Suara azan itu datang dari menara di masjid-masjid dengan bermacam-macam, design, serta waktu.

Salah satunya masjid yang diketahui sebab keelokannya di Istanbul ialah Masjid Sakirin. Masjid yang berada di salah satunya pintu masuk Penyemayaman Karacaahmet di Uskudar, Istanbul, itu dibuka untuk pengunjung serta jamaah pada 7 Mei 2009. Masjid itu dibuat dalam satu project yang didanai oleh Yayasan Semiha Sakir, dalam rencana kembali kenang Ibrahim Sakir serta Semiha Sakir.

Pembangunan Masjid Sakirin

Project serta hasil konstruksi pada bangunan masjid itu tidak seperti yang lain. Masjid Sakirin direncanakan oleh Zeynep Fadilioglu, keponakan besar dari Ibrahim serta Semiha Sakir. Dia adalah wanita pertama yang mendesain satu masjid.

Untuk wanita yang tumbuh di Istanbul, Zeynep Fadilioglu tetap benar-benar dikuasai oleh kombinasi yang kaya dari atmosfer kekinian serta tradisionil di kota paling besar di Turki itu. Sebelum Zeynep mendesain club malam, hotel, restoran, serta toko, Masjid Sakirin ialah project pertama kalinya yang disebut tempat beribadah. Selama saat pembangunan, ia konsultasi dengan beberapa sejarawan serta teolog seni, untuk pastikan bangunan itu bisa menjadi tempat yang wajar untuk melaksanakan ibadah.