Keindahan Arsitektur Masjid Agung Al Fateh Bahrain

Masjid Agung Al Fateh

Ibukota Bahrain, yakni Manama mempunyai masjid dengan ukuran yang besar sekali. Masjid itu bernama Masjid Agung Al Fateh, mempunyai ukuran 6500 meter persegi dengan kemampuan 7 ribu jamaah. Klaim masjid tersebesar di dunia nyatanya masih kalah dengan kemampuan dari Islamic Center Samarinda, Kalimantan Timur yang dapat menyimpan 40 ribu jamaah.

Bahrain termasuk juga negara kaya dengan mempunyai bangunan bangunan istimewa seperti tol dengan empat lajur lalu linytas laut yang menyambungkan Bahrain dengan Saudi Arabia, tol itu popular dengan panggilan The King Fahd Causeway. Lalu Bahrain mempunyai circuit formula 1 yangsangat populer di dunia internasional.

Atas perintah dari Amir Bahrain, yakni Sheikh Isa ibn Salman Al Khalifa karena itu dibuatlah satu Islamic center. Pada lokasi Islamic Center berikut ada satu masjid yang besar yang bernama Masjid Agung Al Fateh. Pada Desember 1983 dimulailah pembangunan dengan menempatkan batu pertama, lalu proses pembangunan dikerjakan pada tahun 1984 sampai 1988. Proses empat tahun pembangunan Islamic Center serta masjid Agung Al Fateh pada akhirnya diresmikan pada 1988 oleh Sheikh Isa ibn Salman Al Khalifa jadi Amir Bahrain.

Masjid Agung Al Fateh Bahrain

Arsitektur Masjid Agung Al Fateh

Hiasan kaligrafi dengan skema Kufi atau skema paling tua dalam tulisan kaligrafi jadi ornament interior Masjid Agung Al Fateh yang begitu indah. Perpustakaan Nasional Bahrain ada pada Islamic Center Masjid Agung Al Fateh. Arsitektur pada masjid ini condong pada arsitektur berupa geometris untuk menghindar bentuk berbentuk figur manusia atau hewan supaya terlepas dari kesyirikan.

Kaligrafi sendiri ialah satu diantara fasilitas melestarikan bahasa Arab dengan seni tulisan huruf Arab yang seringkali diambil dari ayat ayat suci Al Quran. Masjid Agung Al Fateh mempunyai mihrab bergaya Timur Tengah yang berupa setengah lingkaran. Arsitektur seperti ini mempunyai manfaat supaya suara imam dapat terdengar ke semua jamaah dalam ruang masjid. Sedang masjid ini mempunyai mimbar yang terbuat dari kayu yang berukiran.

Mihrab Masjid Agung Al Fateh Bahrain

Bangunan ciri khas masjid dapat dilihat dari terdapatnya kubah serta menara masjid. Pada masjid ini mempunyai dua menara kembar dengan ketinggian 230 kaki yang berperan jadi tempat pengeras suara untuk mengumandangkan adzan. Lalu pada Masjid Agung Al Fateh ada Sahn / Courtyard / Halaman Tengah, yakni ruangan terbuka pada tengah satu bangunan jadi ventilasi serta ruangan untuk taman bila bangunan itu satu istana.

Kubah Masjid Agung Al Fateh mempunyai ketingggian 40 meter dari permukaan lantai serta mempunyai diameter 25 meter. Bahan kubah pada Masjid Al Fateh semua berbahan fiberglass yang mempunyai berat 60 ton. Ada 12 jendela kaca anti noda pada kubah masjid ini. Lampu gantung jadi ornamen yang percantik interior masjid yang datang dari lampu gantung kaca tiup Austria.

Dalam Rangka Milad Ke 3 PT. Anugerah Kubah Indonesia
GRATIS !! Website Manajemen Masjid Jika Anda Order Kubah Bulan Ini.
close-image