Filosofi Sejarah Masjid, yang Banyak Belum Kamu Ketahui

Banyak yang belum mengatahuinya sejarah masjid. Nah, di sini Anda akan mendapatkan refrensi atau wacana untuk menambah wawasan yang kami rangkum dari sumber web terpercaya. Baca dulu sejenak, selamat membaca.

Intermezzo, Masjid

Masjid atau mesjid merupakan sebuah tempat peribadahan umat Islam atau Muslim, dan pasti semua tahu. Masjid sendiri bisa diartikan sebuah tempat untuk sujud, dan sebutan lain bagi masjid ini, musholla atau lannggar bisa juga surau. 

Istilah ini bisa diperuntukkan bagi masjid yang tidak terpakai pada saat Sholat Jum’at, dan pada umumnya ukuran nya kecil. Nah, selain untuk dipakai sebagai tempat ibadah, masjid pun bisa dipakai untuk pusat kehidupan komunitas muslim.

Seperti kegiatan-kegiatan perayaan hari besar, diskusi, kajian agama, ceramah dan belajar Al-Qu’an sering dilaksanakan di Masjid. Bahkan dalam sejarah Islam sendiri masjid turut memegang peranan dalam aktivitas sosial kemasyarakatan sampai kemiliteran.

Estimologi Masjid

Masjid bisa diartikan tempat beribadah. Nah untuk kata dari masjid sendiri bisa diartikan sajada. Berarti sujud atau tunduk, patuh. Kata masjid sendiri berakar dalam bahas yakni Aram. Dan kata dari masgd (m-s-g-d) ada yang menemukan dalam sebuah inskripsi dari abada lalu ke- 5 sebelum Masehi. yang berarti “tiang suci” atau “sebuah sembahan”.

Kata masjid sendir dalam Bahasa Inggris sendiri disebut mosque. Kata mosque sendiri berasala dari kata mezquita. dalam bahasa Spanyol. Dan kata mosque, kemudian menjadi populer dan digunakan dalam bahasa

 

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.