Fenomenal…..Enam Puluh Kubah Masjid

Enam Puluh Kubah Masjid

 Masjid Enam puluh Kubah

Masjid enam puluh kubah  lebih dikenal dengan nama Masjid Gambuj Shait adalah masjid yang paling besar di Bangladesh pada saat periode kesultanan. Masjid Saith Gunbad sudah dilukiskan menjadi “Monumen Muslim yang sangat mengesankan di semua dataran India”.

Pada Pertengahan periode ke 15, satu koloni Islam dibangun di rimba mangrove dari Sundarbans akrab pantai di distrik oleh Jendral. Dan diberi nama Ulugh Khan Jahan. Dia adalah penggerak masuknya Islam di selatan India serta pimpin sentral kota yang makmur pada saat pemerintahan Sultan Mahmud Shah.

Khan membangu kotanya dengan sangat banyak masjid, sedangkan untuk membangun Masjid Saith Gunbad diawali pada tahun 1442 hingga tahun 1459. Masjid ini digunakan untuk Madrasah dan juga Aula Pertemuan.

Interior Masjid enam puluh kubah

Masjid Shat Gumbad

Masjid enam puluh kubah ini memiliki dinding yang begitu tebal yang terbuat dari kerikil bata. Keseluruhan panjang masjid sekitar 53 meter dengan lebar masjid sekitar 36 meter. Sebetulnya di masjid Saith Gunbad ada 77 Kubah Masjid kecil yang ditata dalam tujuh baris sebelas. dan satu kubah lagi terdapat disetiap pojok masjid, hingga keseluruhan menjadi 81 kubah masjid dan empat buah menara masjid.

Dua dari empat menara yang digunakan berperan untuk menyerukan azan. Masjid ini memiliki 77 kubah jongkok dengan 7 empat bagian memiliki nuansa Kubah Bengali dibarisan tengahnya. Walau masjid ini diperlengkapi dengan 11 buah daun pintu yang melengkung di bab timurnya serta masing-masing 7 buah di samping utara serta selatan termasuk juga ventilasi hawa serta sinar, akan tetapi masjid ini masih tetap barasa agak gelap atau redup dibagian tengah masjid.

Masjid Enam Puluh Kubah atau Enam Puluh Kolom Masjid ini diketahui oleh penduduk lokat menjadi Masjid Saith Gunbad, yang dalam bahasa Bangla bermakna 60 Kubah Masjid. Akan tetapi bantu- menolong ada 77 buah Kubah diatas ruangan utama serta 60 pilar batu. Ada peluang jika masjid ini sebelumnya dikatakan sebagai Masjid Berpilar 60 di mana Amud yang bermakna kolom dalam bahasa Arab / Persia, serta Gombuj bermakna kubah.

Masjid itu mencerminkan keindahan arsitektural yang menjadi adikarya abad ke-15. Enam puluh pilar di dalam yang menimbulkan daya pikat nyatanya, mirip keindahan Istana Mughal.  Keindahan pilar dan cahaya yang dihasilkan dan bayangan menciptakan atmosfer mistis dan kuno.

Copyright © 2018 Anugerah Kubah Indonesia
Hubungi Kami
WA
Pesan Segera
Telp