Masjid Ali Pasha Sarajevo Dengan Gaya Arsitektural klasik Usmaniah

Masjid Ali Pasha Sarajevo

masjid ali pasha

Masjid Ali Pasha dibuat di Sarajevo pada tahun 1560 – 1561 menjadi wakaf dari Hadim Ali Pasha, yakni bekas seseorang Gubernur Ottoman distrik administratif Budapest (Buldimski begler-kini Hongaria) serta Bosnia Pashaluk.

Di tahun 2005 masjid Ali Pasha di sahkan menjadi bagian dari monumen Nasional Bosnia serta Herzegovina. Keindahan masjid ini dapat mampu di nikmati pada malam hari sejak dipasangnya piranti iluminasi di tahun 2008 waktu lalu.

Arsitektural Masjid Ali Pasha

Seperti masjid yang dibuat pada saat Usmaniah, masjid Ali Pasha juga dibuat dalam style arsitektur classic Usmaniah dengan kubah tunggal. Kubah masjid ini dibuat dalam taraf yang semakin besar dibanding dengan masjid Usmaniah yang lain yang pernah dibuat pada awal di Bosnia serta Herzegovina.

Di komplek masjid ini ada dua makam sarcophagus untuk Avdo Sumbul (Abdullah Sumbul) putra dari Salih Sumbul(meninggal dunia tahun 1915). Yang satunya ialah Behdzet mutevelic putra dari Mehemed-bey Muteveliaea(meninggal dunia tahun 1915).

Interior Masjid Ali Pasha

Dua pejuang yang meninggal dalam perang arad(sekarang masuk dalam lokasi Hongaria & Rumania) jasad ke-2 pejuang itu dibawa ke Bosnia dari perang Arad serta disemayamkan ditempatnya saat ini. Bangunan makam ini dapat diperlengkapi dengan kubah diatasnya.

Saat ini Masjid Ali Pasha bertambah luas dibanding dengan ukuran sebelumnya. Dulunya komplek masjid ini diperlengkapi dengan Ali Pasha Mahala atau daerah pemukiman Ali Pasha dan ruang pemakaman(harem) yang menempati tempat yang cukup luas. Baik Ali Pasha Mahala atau Ali Pasha Harem lalu diratakan dengan tanah untuk pembangunan jalan raya ( Marshal Tito Street).

Ruang pemakaman yang ada disaat ini adalah area pemakaman yang tersisa dari tempat yang sudah digusur. Hal itu terjadi semenjak Bosnia menjadi bagian dari Federasi Yugoslavia yang telah bubar dan hiilang dari peta dunia. Pendiri masjid ini juga disemayamkan di komplek masjid ini.

Sama seperti Masjid Gazi Husrev Beg serta The Emperor’s Mosque yang telah dibahas dalam dua artikel awal mulanya, Masjid Ali Pasha juga mengalami kerusakan saat penyerbuat membabi buta yang dilakukan oleh etnis Serbia dalam perseteruan berdarah di Bosnia dan Herzegovina tahun 1992-1995 lalu, terutama pada bagian kubah utamanya.

Perbaikan terakhir pada Masjid Ali Pasha dikerjakan pada tahun 2004 serta bulan januari 2005, Komisi Penyelamatan Monumen Nasional. Dari situlah keluar dekrit mengenai Masjid Ali Pasha yang menjadi bagian dari bangunan Monumen Nasional Bosnia dan Herzegovina di tahun 2005.

 

 

 

Copyright © 2018 Anugerah Kubah Indonesia
Hubungi Kami
WA
Pesan Segera
Telp